alexametrics

Masjid Al-Aqsa Kembali Buka Setelah Hampir 3 Bulan Tutup

loading...
Masjid Al-Aqsa Kembali Buka Setelah Hampir 3 Bulan Tutup
Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dibuka kembali untuk para jemaah, setelah penutupan selama dua setengah bulan akibat pandemi Covid-19. Foto/REUTERS
A+ A-
YERUSALEM - Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dibuka kembali untuk para jemaah, setelah penutupan selama dua setengah bulan akibat pandemi Covid-19. Tetapi, otoritas masjid memberlakukan beberapa tindakan pencegahan, ketika para pejabat kesehatan memperingatkan tentang peningkatan infeksi lokal.

Diizinkan kembali salat di situs paling suci ketiga bagi umat Islam ini menandai periode suram bagi kaum Muslim di Yerusalem, yang tahun ini menandai bulan puasa suci Ramadhan dan Idul Fitri tanpa mengunjungi Al-Aqsa dan Kubah Batu.

Dewan Wakaf Islam, seperti dilansir Reuters pada Minggu (31/5/2020), menyebut pengangkatan pembatasan dan pembukaan kembali masjid tersebut dilakukan setelah terus berkurangnya infeksi lokal Covid-19 di Yerusalem.



(Baca juga: Israel Tangkap Ulama Ternama Masjid Al Aqsa Sheikh Ekrima Sabri)

Ratusan umat Muslim meneriakkan "Allah Akbar" ketika mereka masuk ke halaman masjid yang berada di Kota Tua Yerusalem pada hari Minggu pagi untuk menjalankan salat subuh. Beberapa berlutut dan mencium tanah ketika mereka masuk.

Tetapi Dewan Wakaf Islam memberlakukan beberapa langkah untuk mengurangi risiko penularan, karena kasus baru Covid-19 di Israel meningkat dalam beberapa hari terakhir.

"Para jemaah yang datang harus mengenakan masker wajah dan membawa sajadah pribadi jika mereka ingin beribadah di dalam masjid atau di halaman luar kompleks," kata Dewan Wakaf Islam dalam sebuah pernyataan.

Dewan tidak mengatakan apakah akan ada batasan jumlah orang yang diizinkan masuk di kompleks seluas 35 hektar, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Haram al-Sharif dan bagi orang Yahudi sebagai Temple Mount.

(Baca juga: Netanyahu: Kami Akan Caplok 30% Wilayah Tepi Barat ke Israel)
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak