Bermanuver dengan Helikopter Black Hawk, Militan Taliban Bikin Geger Dunia Maya

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 15:18 WIB
loading...
Bermanuver dengan Helikopter Black Hawk, Militan Taliban Bikin Geger Dunia Maya
Beredar video militan Taliban mengendari helikopter Black Hawk. Foto/Sputnik
A A A
KABUL - Sebuah rekaman video yang menunjukkan militan Taliban mengendarai helikopter Black Hawk buatan Amerika Serikat (AS) muncul di dunia maya. Mereka melakukan itu untuk bersenang-senang setelah menguasai banyak senjata yang ditinggalkan oleh pasukan keamanan Afghanistan yang melarikan diri.

Klip video berdurasi satu menit yang beredar di media sosial itu memperlihatkan helikopter UH-60 Black Hawk sedang meluncur di landasan di bandara yang dirahasiakan di Afghanistan. Pesawat itu tidak pernah terlihat melayang lebih dari beberapa inci dari tanah.



Spekulasi menunjukkan bahwa helikopter mahal itu, yang sebelumnya diawaki oleh pasukan keamanan Afghanistan, adalah bagian dari peralatan tambahan dan artileri yang disimpan di bandara Kandahar di Afghanistan tenggara.

Meskipun tidak jelas siapa sebenarnya yang mengawaki pesawat, juga tidak dapat dipastikan apakah pasukan militan dapat menerbangkan helikopter militer itu sepenuhnya seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (27/8/2021).

Rekaman itu muncul ketika berbagai foto yang menunjukkan pasukan Taliban mengenakan pakaian militer AS lengkap muncul di dunia maya. Pakaian-pakaian tempur itu diyakini telah ditinggalkan oleh pasukan keamanan Afghanistan di tengah gerak maju kelompok militan itu dan mengambil alih sebagian besar wilayah negara di Asia Tengah tersebut.



Namun, klaim baru Taliban atas perangkat keras Amerika juga tidak sepenuhnya baru. Sama seperti laporan mulai mengalir tentang Taliban memasuki Kabul dan mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melarikan diri dari ibu kota, juga terungkap bahwa banyak perlengkapan tentara yang ditinggalkan secara efektif diserahkan kepada Taliban.



Di antara persediaan baru perangkat keras militer kelompok itu adalah helikopter yang dipasok AS, Humvee, drone, kacamata penglihatan malam, dan peti senjata api baru, di antara peralatan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)