Taliban Klaim 28 Anggotanya Tewas dalam Bom Bandara Kabul

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 14:48 WIB
loading...
Taliban Klaim 28 Anggotanya Tewas dalam Bom Bandara Kabul
Staf rumah sakit memindahkan korban bom bandara Kabul ke ruang perawatan. Foto/BBC
A A A
KABUL - Sedikitnya 28 anggota Taliban tewas dalam bom bunuh diri kembar yang mengguncang bandara Kabul , Afghanistan . Kelompok militan itu pun berjanji akan meningkatkan keamanan di bandara Kabul untuk mencegah serangan teroris di masa depan.

“Kami telah kehilangan lebih banyak orang daripada orang Amerika,” kata seorang pejabat Taliban yang tidak disebutkan namanya merujuk pada 13 tentara Amerika Serikat (AS) yang juga tewas dalam serangan tersebut seperti dinukil dari Russia Today, Jumat (27/8/2021).

Dia menambahkan bahwa sehubungan dengan serangan mematikan itu, pos penjagaan tambahan akan didirikan tidak hanya di Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, tetapi di semua lapangan terbang di seluruh negeri.

Sejauh ini tidak jelas berapa banyak warga sipil yang tewas dalam pemboman itu, karena jumlah korban diperkirakan akan meningkat. Reuters melaporkan pada hari Jumat, mengutip seorang pejabat kesehatan dan Taliban, bahwa setidaknya 72 warga Afghanistan telah tewas, termasuk para pejuang Taliban.



Sementara perwakilan Taliban mengatakan kelompok itu akan membuat perubahan pada keamanan, dia juga mengatakan tidak melihat alasan untuk memperpanjang batas waktu 31 Agustus bagi semua pasukan asing untuk keluar dari negara itu. Tanggal 31 Agustus adalah tanggal yang awalnya ditetapkan oleh Presiden AS Joe Biden, yang telah berulang kali berjanji untuk tetap mematuhi tenggat waktu itu.

Seorang diplomat NATO, yang juga berbicara dengan syarat anonim, menguatkan klaim pejabat itu, mengatakan kepada Reuters bahwa Taliban akan memperketat keamanan dan mengerahkan pasukan tambahan untuk mengelola kerumunan besar yang berkumpul di sekitar bandara Kabul. Diplomat itu mendesak kelompok itu untuk menyelidiki serangan pada hari Kamis – yang diklaim oleh ISIS – dengan alasan bahwa Taliban mungkin harus disalahkan, karena baru-baru ini membebaskan sejumlah tahanan yang mungkin memiliki hubungan dengan organisasi teroris yang terkenal itu.

“Para pemimpin Taliban harus menyelidiki jaringan ISIS di Kabul,” kata pejabat NATO itu.

“Mereka mengizinkan ribuan tahanan keluar dari penjara dalam beberapa pekan terakhir; keamanan adalah tanggung jawab mereka,” ia menambahkan.

Komandan Komando Pusat AS (CENTCOM), Jenderal Frank McKenzie, mengatakan Pentagon bersiap untuk melakukan serangan tambahan dalam beberapa hari mendatang, termasuk kemungkinan bom yang dibawa kendaraan dan roket yang ditembakkan ke bandara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)