Taliban Pamer 'Pasukan Khusus' Badri 313, Jangan Anggap Enteng

Kamis, 26 Agustus 2021 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Para pengamat mengatakan peralatan paling canggih, terutama helikopter, akan sulit dioperasikan dan hampir tidak mungkin dirawat.

“Tentu saja ada tingkat propaganda, tetapi kita melihat selama serangan terakhir sejak Mei bahwa pasukan khusus Taliban sangat penting dalam mengambil alih Afghanistan,” ungkap Bill Roggio, redaktur pelaksana Long War Journal yang berbasis di AS.

“Ketika mereka mulai menyerbu pasukan Afghanistan, mereka secara progresif mengintegrasikan pasokan Barat. AS pada dasarnya mempersenjatai tentara Taliban,” papar dia.

Pada hari-hari sebelumnya, unit pasukan khusus tersebut bertanggung jawab atas keamanan di luar bandara internasional Kabul.

Situasi itu membuat mereka hampir berhadapan langsung dengan pasukan AS di dalam bandara Kabul yang mengawasi pengangkutan udara ribuan warga sipil.

Dalam posting media sosial, pasukan Badri 313 bahkan mengejek militer AS dengan membuat kembali gambar terkenal tentara Amerika yang mengangkat bendera Bintang dan Garis di pulau Iwo Jima pada tahun 1945.

Para pasukan Taliban berseragam terlihat mengibarkan bendera hitam-putih mereka yang ikonik.

Badri 313 juga dipandang mendapat manfaat dari pelatihan oleh jaringan Haqqani, kelompok militan paling kejam dan paling ditakuti di Afghanistan yang bertanggung jawab atas beberapa serangan bunuh diri terhadap sasaran sipil.

Sebagian besar jaringan Haqqani berbasis di Afghanistan timur, dengan basis kekuatan yang diduga melintasi perbatasan di barat laut Pakistan.

Kelompok itu menjadi lebih terlihat dalam kepemimpinan Taliban dalam beberapa tahun terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)