Di Negara Ini COVID-19 Varian Lambda Menyebar

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 23:09 WIB
loading...
Di Negara Ini COVID-19 Varian Lambda Menyebar
COVID-19 varian lambda telah terdeteksi di 29 negara. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pejabat kesehatan saat ini mulai penyebaran varian Lambda dari virus Corona baru yang sekarang telah menjadi jenis dominan di Peru dan terus menyebar di sebagian besar Amerika Selatan.

Data awal menunjukkan varian, juga dikenal sebagai varian C.37, sangat menular dan lebih tahan terhadap vaksin COVID-19 daripada jenis aslinya, meskipun para peneliti mencatat lebih banyak penelitian masih diperlukan untuk lebih memahami mutasi virus.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian Lambda pertama kali diidentifikasi di Peru pada Agustus 2020. Sejak itu, menjadi urutan dominan di sana dan kehadirannya mulai merambah ke negara-negara Amerika Selatan lainnya seperti Argentina, Brasil, Chili, Kolombia dan Ekuador.

Dalam laporan pertengahan Juni WHO , para ahli mengatakan bahwa varian tersebut telah terdeteksi di 29 negara, teritori atau wilayah, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Spanyol, Israel, dan Zimbabwe seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (6/8/2021).

Di AS, varian tersebut telah diidentifikasi di 44 negara bagian. Namun, juru bicara Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menekankan bahwa proporsinya sangat rendah, 0,17 persen dari semua varian adalah Lambda.



Bulan lalu, sebuah rumah sakit di Houston melaporkan kasus pertama varian Lambda. Sejak itu, lebih dari 1.300 urutan Lambda telah terdeteksi di AS.

Terlepas dari laporan varian di AS, tidak ada kelompok signifikan yang dilaporkan di satu negara bagian tertentu oleh CDC saat ini.

Sementara varian itu tampaknya telah menyebar ke Amerika Selatan, pejabat kesehatan mengatakan Lambda tidak menyebar secepat varian Delta, yang menyumbang lebih dari 93 persen kasus virus Corona baru yang beredar di AS.

Dr Anna Durbin, seorang profesor di Departemen Kesehatan Internasional di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, mengatakan kepada Newsweek bahwa dia tidak mengantisipasi lonjakan Lambda di AS karena akan bersaing dengan varian Delta yang sudah dominan, yang memiliki mutasi mirip dengan C.37.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1254 seconds (0.1#10.140)