Israel: Komandan IRGC Iran Dalang Serangan Tanker Mercer Street!

Kamis, 05 Agustus 2021 - 10:51 WIB
loading...
Israel: Komandan IRGC Iran Dalang Serangan Tanker Mercer Street!
Kapal tanker MV Mercer Street milik Jepang yang dioperasikan perusahaan Israel yang berbasis di Inggris. Foto/Saudi Gazette
A A A
TEL AVIV - Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengtakan komandan Angkatan Udara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran merupakan dalang di balik serangan terhadap kapal tanker Mercer Street.

Kapal tanker milik Jepang yang dikelola perusahaan Israel yang berbasis di Inggris itu diserang drone eksplosif di lepas pantai Oman pada 29 Juli. Petugas keamanan asal Inggris dan awak kapal asal Rumania tewas dalam serangan tersebut.



“Amir Ali Hajizadeh, komandan Angkatan Udara IRGC, berada di balik puluhan serangan teror di wilayah tersebut menggunakan UAV [drone] dan rudal,” kata Gantz, seperti dikutip dari Times of Israel, Kamis (5/8/2021).

"Untuk pertama kalinya, saya juga akan mengungkap orang yang bertanggung jawab langsung atas peluncuran UAV bunuh diri— namanya Saeed Ara Jani dan dia adalah kepala komando UAV IRGC."

"Komando UAV melakukan serangan terhadap Mercer Street," lanjut Gantz.

"Saeed Ara Jani merencanakan dan memberikan pelatihan dan peralatan untuk melakukan serangan teror di wilayah tersebut," imbuh dia.



Pernyataan itu muncul setelah pada hari Selasa, Lloyd's List, sebuah layanan informasi kargo, melaporkan bahwa sekelompok orang tak dikenal merebut kapal tanker Asphalt Princess berbendera Panama di Teluk Oman dan mengarahkan kapal itu ke Iran. Namun, kapal berubah arah dan mulai berlayar ke Oman setelah kelompok bersenjata meninggalkan kapal tersebut.

Kedutaan Besar Iran di Inggris mengatakan Teheran tidak menerima bukti keterlibatannya dalam serangan itu setelah meminta bukti seperti yang dituduhkan negara-negara Barat. Teheran sejak awal membantah terlibat serangan mematikan terhadap kapal tanker Mercer Street dan pembajakan kapal terbaru di Teluk Oman.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)