AS dan Inggris Dukung Israel Merespons Iran atas Serangan Kapal Mercer Street

Senin, 02 Agustus 2021 - 07:25 WIB
loading...
AS dan Inggris Dukung Israel Merespons Iran atas Serangan Kapal Mercer Street
Mercer Street, kapal tanker milik Jepang yang dikelola perusahaan Israel. Foto/Saudi Gazette
A A A
TEL AVIV - Israel dilaporkan telah menerimadukungan dariAmerika Serikat (AS)dan Inggrisuntuk merespons Iran atas serangan terhadap kapal tanker minyak Mercer Street pada Kamis lalu.

Menurut laporan media Israel, Kan, pada hari Minggu (1/8/2021), para pejabat Tel Aviv saat ini sedang mendiskusikan bagaimana dan kapan harus merespons, dengan kemungkinan yang timbul bahwa pelabuhan atau kapal militer Iran dapat menjadi sasaran.



Israel juga berencana untuk berbagi data intelijen tambahan dengan negara-negara lain di kawasan tersebut untuk "membawa kecaman" terhadap Iran. Perlu dicatat, bagaimanapun, bahwa Tel Aviv percaya kematian dua pelaut dalam serangan Kamis lalu tidak disengaja.

Mercer Street, sebuah kapal tanker berbendera Liberia milik Jepang yang dikelola oleh Zodiac Maritime milik Israel diserang di lepas pantai Oman.

Serangan itu merenggut nyawa seorang penjaga keamanan Inggris dan seorang anggota kru Rumania.



Pemerintah Israel sebelumnya mengeklaim bahwa mereka memiliki bukti keterlibatan Iran dalam serangan itu. Tel Aviv telah mengumpulkan dukungan dari Amerika Serikat dan Inggris, di mana Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bersumpah akan memberi respons yang tepat. Menurut Blinken, Iran diduga menggunakan UAV peledak satu arah dalam serangan itu.

Teheran menolak tuduhan terkait dengan serangan terhadap kapal Mercer Street.

"[Israel] telah menciptakan ketidakamanan, teror, dan kekerasan ...tuduhan tentang keterlibatan Iran ini dikutuk oleh Teheran", kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Saeed Khatibzadeh pada hari Minggu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)