Bantu Penanganan Covid-19, Inggris Kirim Ratusan Ribu Vaksin AstraZeneca ke Indonesia

loading...
Bantu Penanganan Covid-19, Inggris Kirim Ratusan Ribu Vaksin AstraZeneca ke Indonesia
Inggris akan mengirimkan sekitar 600 ribu dosis vaksin AstraZeneca, untuk membantu penganganan Covid-19 di Indonesia. Foto/REUTERS
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Inggris , Dominic Raab mengumumkan bahwa mulai minggu ini pihaknya akan mengirimkan sembilan juta vaksin Covid-19 ke seluruh dunia. Di mana, Indonesia dilaporkan akan mendapatkan 600 ribu dosis.

Pengiriman ini akan membantu memenuhi kebutuhan mendesak akan vaksin dari negara-negara di seluruh dunia, termasuk di kawasan Asia Tenggara, yang saat ini sedang mengalami kenaikan kasus Covid-19 termasuk jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit dan jumlah kematian.

Raab mengatakan, sembilan juta vaksin yang dikirim meninggu ini adalah pengiriman pertama dari 100 juta dosis yang dijanjikan Inggris untuk membantu kelompok masyarakat dunia yang paling rentan. Baca juga: Kapal Perang Inggris Sambangi LCS, China Gelar Latihan Militer

Wakil Duta Besar Inggris Raya untuk Indonesia dan Timor Leste Rob Fenn mengatakan bahwa Inggris Raya berdiri bersama Indonesia di masa yang sulit ini, karena Inggris juga sempat mengalami gelombang infeksi.



“Kami ingin melakukan apa yang kami bisa untuk membantu Indonesia, sebagai mitra dekat dan rekan kami. Pemerintah Inggris Raya yakin vaksin yang kami sumbangkan hari ini akan digunakan dengan baik, di garis depan di Indonesia, untuk menyelamatkan nyawa, dan sekaligus menguatkan perekonomian,"jelas Fenn.

Fenn, seperti dikutip dari siaran pers Kedutaan Besar Inggris yang diterima Sindonews pada Kamis (29/7/2021) mengatakan bahwa donasi ini merupakan kelanjutan dari kemitraan kesehatan yang lebih luas antara Inggris dan Indonesia.

“Kami tengah meningkatkan kerja sama kesehatan kami dengan Indonesia untuk jangka menengah dan jangka panjang– pada sektor-sektor penting seperti pengembangan vaksin dan pengurutan genom," ungkapnya.

Menurut Fenn, bantuan untuk Indonesia ini dilakukan bersamaan dengan bantuan vaksin Inggris kepada negara-negara anggota ASEAN lainnya. Di mana, dia menyebut,hal ini mencerminkan kemitraan strategis Inggris yang erat dan terus berkembang di kawasan.

“Kita berjuang bersama dalam melawan Covid-19. Kita dapat mengalahkan virus ini dan membangun masa depan yang lebih sehat, untuk semua rakyat Indonesia, Inggris dan dunia," ujar Fenn.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Inggris atas kerjasama pembagian dosis vaksin Covid-19 ini.



“Menteri Luar Negeri Raab dan saya memiliki pandangan yang sama bahwa kerjasama adalah kunci bagi dunia untuk keluar dari pandemi ini,"ungkap Retno. Baca juga: Bertemu di Inggris, Menteri Erick Kaget Indra Rudiansyah Bagian dari Keluarga Besar BUMN
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top