China Berharap Taliban Bisa Berperan Dalam Proses Pembangunan Afghanistan

Rabu, 28 Juli 2021 - 19:13 WIB
loading...
China Berharap Taliban Bisa Berperan Dalam Proses Pembangunan Afghanistan
Sembilan orang perwakilan Taliban melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi di Tianjin, untuk membahas proses perdamaian dan masalah keamanan. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China berharap bisa memainkan peran penting dalam mengakhiri perang Afghanistan dan membangun kembali negara itu. Hal itu disampaikan pejabat China saat menerima delegasi Taliban .

Sembilan orang perwakilan Taliban melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi di Tianjin, untuk membahas proses perdamaian dan masalah keamanan.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan dalam pertemuan tersebut Wang berharap Taliban memainkan peran penting dalam proses rekonsiliasi damai dan rekonstruksi di Afghanistan.

"Wang berharap Taliban akan menindak Gerakan Islam Turkestan Timur, karena itu adalah ancaman langsung terhadap keamanan nasional China," ujarkementerian itu, merujuk pada sebuah kelompok yang disebut Beijing aktif di wilayah Xinjiang.

Sementara itu, juru bicara Taliban, Mohammed Naeem menuturkan, bahwa selain masalah perdamaian dan keamanan, masalah ekonomi juga turut disinggung dalam pertemuan tersebut.

"Politik, ekonomi dan isu-isu yang berkaitan dengan keamanan kedua negara dan situasi Afghanistan saat ini dan proses perdamaian dibahas dalam pertemuan," ucapnya, seperit dilansir Reuters pada Rabu (28/7/2021).

Naeem menuturkan bahwa delegasi dipimpin oleh ketua perundingdan wakil pemimpin Taliban, Mullah Baradar Akhund. Dalam kunjungan itu, jelas Naeem, delegasi bertemu dengan utusan khusus China untuk Afghanistan dan bahwa perjalanan itu dilakukan setelah ada undangan dari otoritas China.

"(Delegasi) meyakinkan China bahwa mereka tidak akan mengizinkan siapa pun menggunakan tanah Afghanistan untuk melawan China," kata Naeem.

"China juga menegaskan kembali komitmennya untuk melanjutkan bantuan mereka dengan Afghanistan dan mengatakan mereka tidak akan ikut campur dalam masalah Afghanistan, tetapi akan membantu memecahkan masalah, dan pemulihan perdamaian di negara itu," sambungnya.

Kunjungan itu kemungkinan akan semakin memperkuat pengakuan Taliban di panggung internasional pada waktu yang sensitif bahkan ketika kekerasan meningkat di Afghanistan.

Kelompok itu memiliki kantor politik di Qatar di mana pembicaraan damai sedang berlangsung dan bulan ini mengirim perwakilan ke Iran di mana mereka mengadakan pertemuan dengan delegasi pemerintah Afghanistan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)