Presiden Haiti Ditembak Mati, 28 Orang Terlibat Termasuk 2 Warga AS

Jum'at, 09 Juli 2021 - 11:14 WIB
loading...
Presiden Haiti Ditembak Mati, 28 Orang Terlibat Termasuk 2 Warga AS
Presiden Haiti Jovenel Moise. Dia ditembak mati sekelompok pria bersenjata di rumahnya pada Rabu pagi. Foto/REUTERS/Valerie Baeriswyl/File Photo
A A A
PORT-AU-PRINCE - Direktur Jenderal Polisi Nasional Haiti (PNH), Leon Charles, mengumumkan sebanyak 28 orang terlibat dalam pembunuhan Presiden Jovenel Moise . Dari 28 orang tersebut, dua di antaranya warga Amerika Serikat (AS).

Sang presiden ditembak mati di kediamannya pada Rabu pagi lalu dalam penyerbuan sekelompok pria bersenjata, yang menurut diplomat Haiti adalah tentara bayaran terlatih.



"Itu adalah komando dari 28 penyerang, termasuk 26 warga Kolombia yang melakukan operasi untuk membunuh presiden," kata Charles pada hari Kamis waktu setempat.

Dia merinci bahwa dua warga AS dan 15 warga Kolombia telah ditangkap, tiga warga Kolombia telah terbunuh dan delapan lainnya masih buron.

"Senjata dan bahan yang digunakan oleh para penyerang telah ditemukan," imbuh Charles, seperti dikutip Sputniknews, Jumat (9/7/2021).

Menteri Pertahanan Kolombia Diego Molano Aponte mengatakan bahwa tersangka pembunuh MoĂŻse adalah pensiunan militer Kolombia.

"Atas pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise, Interpol hari ini meminta pemerintah Kolombia dan polisi nasional untuk berbagi informasi tentang pelaku kejahatan ini," katanya.

"Informasi awal menunjukkan bahwa ini adalah warga negara Kolombia, pensiunan militer tentara nasional," ujarnya yang dia tulis di halaman Twitter-nya pada Kamis malam.

Dia menambahkan bahwa pemerintah Kolombia telah memberi tahu polisi dan tentara untuk segera membantu penyelidikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)