Korut Tutup Pintu Dialog, AS Minta Bantuan China

Rabu, 07 Juli 2021 - 20:41 WIB
loading...
Korut Tutup Pintu Dialog, AS Minta Bantuan China
AS minta bantuan China terkait dialog senjata nuklir Korut. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - China merilis percakapan telepon antara perwakilan khusus pemerintah China untuk Urusan Semenanjung Korea, Liu Xiaoming, dan perwakilan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Korea Utara (Korut) Sung Kim.

Dalam pembicaraan itu, China menyarankan AS untuk mendengarkan Korut dan keluhannya saat para pemimpin dari dua negara sekutu Asia itu menekankan hubungan yang berkembang di antara negara mereka.

"Liu menyatakan sikap China tentang isu-isu Semenanjung Korea dan menyatakan pandangannya tentang tinjauan kebijakan AS di DPRK," bunyi rilis itu, menggunakan akronim resmi Korut, Republik Rakyat Demokratik Korea seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (7/7/2021).

Liu juga menekankan pentingnya pendekatan jalur ganda dan prinsip bertahap serta sinkron dalam mempromosikan penyelesaian politik masalah Semenanjung Korea.

"Liu menyerukan AS untuk menanggapi dengan serius dan mengatasi kekhawatiran DPRK yang sah dan masuk akal, dan mendukung rekonsiliasi dan kerja sama DPRK-ROK," menurut Kementerian Luar Negeri China menggunakan akronim untuk nama resmi Korea Selatan (Korsel), Republik Korea.

Rilis China juga menyimpulkan komentar Sung Kim.

"Sung Kim menyatakan bahwa AS berkomitmen untuk resolusi diplomatik masalah Semenanjung, dan berharap dialog dan kontak dengan DPRK akan dipulihkan sesegera mungkin," kata Kementerian Luar Negeri China.

"Kim mengindikasikan bahwa AS mendukung upaya DPRK dan ROK untuk meningkatkan hubungan," sambung rilis tersebut.

"Mereka setuju untuk tetap berhubungan," demikian bunyi rilis tersebut.

Pihak AS sendiri belum merilis versinya sendiri, dan juru bicara Departemen Luar Negeri AS tidak memiliki satu pun untuk dibagikan ketika dihubungi oleh Newsweek, tetapi menguraikan strategi AS dalam membahas Korut dengan China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)