Gereja Katolik Polandia Laporkan Ratusan Klaim Pelecehan Seks oleh Pastor

Selasa, 29 Juni 2021 - 15:02 WIB
loading...
A A A
“Yang diperlukan adalah pergeseran penekanan secara bertahap dari respons ke pencegahan,” ujarnya, seperti dikutip dari AFP, Selasa (29/6/2021).

Temuan terbaru adalah tindak lanjut dari laporan gereja sebelumnya bahwa hampir 400 imam gereja telah melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak dan anak di bawah umur antara tahun 1990 dan 2018.

Serangkaian tuduhan pelecehan seksual yang panjang telah mengguncang Gereja Polandia dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah rilis film dokumenter viral “Tell No One” oleh jurnalis Tomasz Sekielski.

Sejak tahun lalu, Vatikan telah memberikan sanksi kepada empat uskup Polandia karena menutup-nutupi paedofilia oleh anggota klerus, dan mengumumkan pengunduran diri dua uskup lainnya karena menutup-nutupi juga—termasuk uskup Zbigniew Kiernikowski.

Vatikan juga memberikan sanksi kepada kardinal Polandia Henryk Gulbinoowicz setelah penyelidikan yang tidak ditentukan dan menerima pengunduran diri Uskup Agung Slawoj Leszek Glodz menyusul tuduhan bahwa dia telah melecehkan para imam dan diam atas klaim pelecehan.

Vatikan juga sedang menyelidiki seorang pembantu berpengaruh untuk mendiang Paus Yohanes Paulus II, Kardinal Stanislaw Dziwisz, atas tuduhan serupa.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)