Begini Cara Israel Membombardir Reaktor Nuklir Osirak Saddam Hussein 1981

Kamis, 24 Juni 2021 - 00:15 WIB
loading...
A A A
Pada bulan November 1980, sebuah F-4E Phantom II Iran mengambil foto close-up dari situs Osirak yang diteruskan ke intelijen Israel. Kemudian, pada April 1981, serangan Iran yang berani menghancurkan banyak armada pembom strategis Irak di pangkalan udara H-3 di Irak barat, yang sebenarnya bisa digunakan untuk membalas Israel.

Serangan Israel dua bulan kemudian terdiri dari delapan F-16 Falcon baru dan enam pengawal F-15 Eagle, yang menyamar sebagai pesawat Yordania atau Arab Saudi untuk menyelinap ke perbatasan Irak, di mana mereka turun hingga hanya 150 kaki di atas gurun. pasir untuk menyelinap di bawah radar Irak. Saat mereka mendekati target mereka, jet-jet tempur itu muncul hingga beberapa ribu kaki dan memulai penurunan berkecepatan tinggi, menjatuhkan dua bom sekering tertunda masing-masing di atas kubah pelindung reaktor, menghancurkan target mereka. Tidak ada satu pesawat pun yang hilang dalam operasi itu, karena kru pertahanan udara Irak ditangkap saat makan malam, sama sekali tidak siap untuk menghadapi serangan. Sepuluh warga Irak dan satu orang Prancis tewas oleh bom Israel.

Namun, reaksi internasional terhadap serangan itu hampir secara universal negatif, di mana PBB mengeluarkan beberapa resolusi kecaman, dan diplomat serta pers mengecam tindakan Israel sebagai tindakan provokatif dan bahkan teroris.

Sementara serangan itu mungkin telah mengembalikan ambisi kekuatan nuklir Presiden Irak Saddam Hussein selama bertahun-tahun, itu juga mengirim mereka ke bawah tanah. Selama perang AS dengan Irak tahun 1991, pesawat AS berulang kali membom situs Osirak, menghancurkan semua yang tersisa.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)