Tes Kejut, AS Ledakkan Bahan Peledak di Dekat Kapal Induk Tercanggih

loading...
Tes Kejut, AS Ledakkan Bahan Peledak di Dekat Kapal Induk Tercanggih
Angkatan Laut AS meledakkan bahan peledak di dekat kapal induk tercanggihnya, USS Gerald R Ford, di lepas Pantai Timur AS pada Jumat (18/6/2021). Foto/US Navy
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) meledakkan bahan peledak di dekat kapal induk terbaru dan tercanggihnya, USS Gerald R Ford (CVN-78), sebagai tes kejut di laut.

Tes ini untuk mengetahui seberapa kuat kapal tersebut menghadapi guncangan sekaligus sebagai simulasi untuk kondisi pertempuran yang sebenarnya.

Baca juga: Israel Diminta Siapkan Serangan setelah Raisi Menang Pilpres Iran

Uji kejut untuk USS Gerald R Ford berlangsung pada hari Jumat pekan lalu di lepas Pantai Timur AS.

"Kapal induk ini dirancang menggunakan metode pemodelan komputer canggih, pengujian, dan analisis untuk memastikan kapal dikeraskan untuk menahan kondisi pertempuran, dan uji coba kejut ini memberikan data yang digunakan dalam memvalidasi kekerasan kejut kapal," kata Angkatan Laut AS.

Akun Twitter resmi USS Gerald R Ford melalui Twitter juga mengonfirmasi uji kejut tersebut. "Kepemimpinan dan kru menunjukkan kesiapan Angkatan Laut berjuang melalui keterkejutan, membuktikan kapal perang kami dapat menerima pukulan dan melanjutkan misi kami di ujung tombak Angkatan Laut," tulis akun resmi kapal induk tersebut, @Warship_78.



Meskipun Angkatan Laut telah melakukan uji coba kejut dengan kapal lain, uji coba terbaru dengan USS Gerald R Ford, kapal induk terbaru dan tercanggih layanan Angkatan Laut AS, menandai pertama kalinya sejak 1987 Angkatan Laut telah melakukan uji coba kejut dengan kapal induk.

Uji coba kejut kapal induk terakhir melibatkan kapal induk kelas Nimitz, USS Theodore Roosevelt.

Uji coba kejut dirancang untuk menguji bagaimana kapal perang Angkatan Laut bertahan terhadap guncangan parah dan mengidentifikasi potensi kerentanan terkait guncangan pada kapal tempur.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top