Konsulat AS dan UE Menyalakan Lilin Peringati Tiananmen, China Murka

Sabtu, 05 Juni 2021 - 12:55 WIB
loading...
Konsulat AS dan UE Menyalakan Lilin Peringati Tiananmen, China Murka
Konsulat AS di Hong Kong menyalakan lilin untuk memperingati Tragedi Tiananmen. Foto/The Guardian
A A A
HONG KONG - China mengecam konsulat Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE) di Hong Kong karena menyalakan lilin untuk memperingati Tragedi Tiananmen 4 Juni. China menyebut tindakan itu sebagai "pertunjukan politik yang culas" untuk mengacaukan kota.

Lilin terlihat menyala di jendela gedung konsulat AS, yang berada di sebelah kediaman pemimpin Hong Kong yang ditunjuk Beijing Carrie Lam, dan kantor Uni Eropa pada Jumat malam.

Misi diplomatik itu juga memposting foto-foto peringatan Tiananmen mereka yang diterangi lilin di media sosial.

"Setiap upaya untuk mengeksploitasi Hong Kong untuk melakukan kegiatan infiltrasi atau sabotase terhadap daratan melewati garis merah ... benar-benar tidak dapat ditoleransi," kata juru bicara kantor kementerian luar negeri China di Hong Kong.



"Kami sekali lagi mendesak organ-organ negara-negara terkait di Hong Kong untuk segera berhenti mencampuri urusan Hong Kong dan urusan dalam negeri China secara luas, dan menghindari bermain api," sambungnya seperti dikutip dari Straits Times, Sabtu (5/6/2021).

Selama tiga dekade di Hong Kong, kerumunan besar, seringkali puluhan ribu orang, kerap menyalakan lilin pada tanggal 4 Juni untuk mereka yang tewas di Lapangan Tiananmen pada tahun 1989 ketika tank dan pasukan China menghancurkan aksi protes pro-demokrasi di Beijing.

Kerumunan telah membengkak dalam beberapa tahun terakhir karena warga Hong Kong merasa gerah di bawah pemerintahan Beijing yang semakin tegas.

Namun peringatan itu pada tahun ini dilarang pada saat pihak berwenang Hong Kong melakukan tindakan yang keras terhadap perbedaan pendapat menyusul aksi protes demokrasi yang besar dan sering disertai kekerasan pada dua tahun lalu.



Namun lampu flash sebagai bentuk pembangkangan masih berkedip di seluruh kota pada Jumat malam ketika penduduk secara bersamaan menyalakan lampu ponsel mereka atau menyalakan lilin di beberapa distrik di seluruh kota untuk memperingati tanggal tersebut.

Ada seruan di dunia bagi orang-orang untuk mematikan lampu di rumah dan meletakkan lilin di jendela mereka sebagai bentuk peringatan.

Peringatan 4 Juni di depan umum dilarang di China daratan dan, hingga saat ini, wilayah Hong Kong yang semi-otonom adalah satu-satunya tempat di China di mana peringatan skala besar masih ditoleransi.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)