Jerman Tolak Permintaan Bantuan Senjata dari Ukraina

Rabu, 02 Juni 2021 - 20:47 WIB
loading...
Jerman Tolak Permintaan Bantuan Senjata dari Ukraina
Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas menyatakan pihaknya menolak permintaan bantuan senjata dari Ukraina. Foto/Ist
A A A
BERLIN - Menteri Luar Negeri Jerman , Heiko Maas menyatakan pihaknya menolak permintaan bantuan senjata dari Ukraina . Maas menuturkan, Berlin percaya jalur militer bukan solusi untuk menyelesaikan masalah di Ukraina timur.

"Saya yakin bahwa konflik hanya dapat diselesaikan melalui saluran politik dan itu harus jelas bagi semua yang terlibat,” kata Maas dalam sebuah pernyataan.

“Ini tetap menjadi prinsip panduan keterlibatan kami dan itu tidak akan berubah, pengiriman senjata tidak membantu dalam hal ini,” sambungnya, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (2/6/2021).

Komentar Maas adalah respon pernyataan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky saat melakukan wawancara dengan surat kabar Jerman, Frankfurter Allgemeine Zeitung. Di manadalam wawancara itu ia meminta bantuan militer dari Jerman.

“Jerman belum memberi kami bantuan militer, tetapi itu bisa dilakukan. Jerman memiliki kapal-kapal besar: speedboat, speedboat rudal dan kapal patroli,” kata Zelensky dalam wawancara itu.

Permintaan itu sendiri datang di tengah upaya Kiev memerangi pasukan separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

Menurut perkiraan PBB, pertempuran antara pasukan pemerintah Ukraina dan separatis pro-Rusia di Ukraina timur telah menewaskan lebih dari 13 ribu orang.

Barat telah berulang kali menuduh Rusia mengirim tentara reguler melintasi perbatasan ke Ukraina, tetapi Moskow mengklaim setiap pejuang Rusia di Ukraina timur hanyalah "sukarelawan".
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)