Media Prancis Sebut Tindakan Israel di Palestina Semakin Mirip dengan Apartheid

Senin, 24 Mei 2021 - 22:45 WIB
loading...
Media Prancis Sebut Tindakan Israel di Palestina Semakin Mirip dengan Apartheid
Surat kabar Prancis, Le Monde mengatakan bahwa ungkapan apartheid menjadi lebih tepat setiap harinya untuk sistem yang telah diterapkan Israel di Palestina. Foto/REUTERS
A A A
PARIS - Surat kabar Prancis, Le Monde mengatakan bahwa ungkapan "apartheid" menjadi lebih tepat setiap hari untuk sistem yang telah diterapkan Israel di Palestina . Hal itu diungkapkan Le Monde dalam tulisan editorial yang diterbitkan kemarin.

Dalam editorial berjudul "Israel-Palestina: The Changing Paradigm," surat kabar itu mengatakan bahwa jika perang lain di Gaza ingin dicegah, diperlukan pendekatan baru yang memberikan persamaan hak bagi warga Palestina dan Israel.

Berfokus pada pertanyaan tentang apa yang akan terjadi sekarang setelah gencatan senjata antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina Hamas, itu menunjukkan bahwa kedua belah pihak telah membuat keputusan besar setelah peristiwa 2009, 2012 dan 2014.

Tetapi, menurut Le Monde, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (24/5/2021), karena ada kekurangan yang nyata. penentuan oleh kedua belah pihak, upaya tidak meyakinkan dan menyebabkan ketegangan baru.

Artikel itu juga menyerukan, pencabutan segera embargo yang diberlakukan oleh Mesir dan Israel pada dua juta orang Gaza.

Surat kabar itu juga menekankan bahwa Gaza adalah bagian dari Palestina dan ketegangan tidak akan berkurang sampai solusi komprehensif tercapai.

Dalam tulisan editorialnya, Le Monde menuturkan bahwa ungkapan "de facto apartheid" yang baru-baru ini dipilih oleh dua organisasi HAM besar - B'Tselem Israel dan Human Rights Watch yang berbasis di Amerika Serikat (AS) - untuk menggambarkan sistem dominasi orang Palestina yang didirikan oleh Israel sayangnya tampaknya semakin tepat dalam menggambarkan situasi tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)