Sekutu Israel, Hongaria Kutuk Seruan Gencatan Senjata Uni Eropa

Rabu, 19 Mei 2021 - 05:13 WIB
loading...
Sekutu Israel, Hongaria Kutuk Seruan Gencatan Senjata Uni Eropa
Menteri Luar Negeri Hongaria, Peter Szijjarto. Foto/IB Times
A A A
PARIS - Menteri Luar Negeri Hongaria , Peter Szijjarto, mengutuk pernyataan Uni Eropa (UE) tentang Israel ketika rekan-rekannya di Eropa menyerukan gencatan senjata antara Israel dan Palestina . Ia menyebutnya seruan itu sebagai seruan sepihak.

"Saya memiliki masalah umum dengan pernyataan Eropa tentang Israel," kata Szijjarto kepada AFP dalam sebuah wawancara yang dinukil IB Times, Rabu (19/5/2021).

"Ini biasanya sangat sepihak, dan pernyataan ini tidak membantu, terutama dalam keadaan saat ini, ketika ketegangan begitu tinggi," imbuhnya.



Sebelumnya kepala kebijakan luar negeri UE Josep Borrell menyerukan gencatan senjata untuk menghentikan pertempuran antara Israel dan Palestina.

Borrell mengatakan pernyataan itu, yang dikeluarkan setelah konferensi video dengan para menteri luar negeri UE, didukung oleh semua negara anggota blok itu kecuali Hongaria.

Serangan udara hebat dan tembakan roket dalam konflik Israel-Gaza merenggut lebih banyak nyawa di kedua belah pihak pada Selasa setelah lebih dari seminggu pertempuran.

Kampanye pemboman Israel di Gaza telah menewaskan 213 warga Palestina, termasuk 61 anak-anak, dan melukai lebih dari 1.400 orang di Gaza dalam lebih dari seminggu pertempuran melawan kelompok Islam Hamas, menurut kementerian kesehatan di Gaza.

Sedangkan diperkirakan 12 orang telah tewas di Israel sebagai akibat dari serangan sekitar 3.300 roket dari Hamas sejak awal konflik, termasuk dua anak, menurut laporan pihak berwenang.



Israel telah menolak tuduhan bahwa pemboman di Gaza tidak proporsional, bersikeras pihaknya telah mencoba yang terbaik untuk menghindari kerusakan tambahan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)