Hari Ini Zionis Israel Pawai, Yerusalem Berpotensi Rusuh Lagi

Senin, 10 Mei 2021 - 13:17 WIB
loading...
Hari Ini Zionis Israel Pawai, Yerusalem Berpotensi Rusuh Lagi
Ribuan massa nasionalis Yahudi Israel pawai melintasi Yerusalem ke Tembok Barat, Minggu (9/5/2021). Foto/REUTERS
A A A
YERUSALEM - Warga Palestina telah bentrok dengan polisi Israel untuk malam ketiga di Yerusalem . Sekarang ada kekhawatiran akan lebih banyak kekerasan pada Senin (10/5/2021) karena Zionis Israel sedang bersiap untuk pawai nasional memperingati "Jerusalem Day".

Pawai Bendera Hari Yerusalem tahunan biasanya menampilkan kaum muda Zionis berjalan melewati daerah-daerah kaum Muslim di kota suci tersebut.



Jerusalem Day atau Hari Yerusalem adalah hari di mana Zionis Israel menduduki Yerusalem dalam Perang Enam Hari 1967.

Negara Yahudi itu telah menjadikan Yerusalem secara keseluruhan sebagai ibu kotanya. Sebaliknya, Palestina telah lama mendambakan Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan negara mereka.

Pawai Bendera Hari Yerusalem dianggap oleh banyak orang Palestina sebagai provokasi yang disengaja.

Seorang mantan pejabat tinggi pertahanan Israel, Amos Gilad, menyerukan agar pawai tersebut dibatalkan atau dialihkan lokasinya.

"Tong mesiu terbakar dan dapat meledak kapan saja," katanya kepada Army Radio, memperingatkan potensi kerusuhan di Yerusalem jika pawai itu digelar.



Ketegangan meningkat di kota itu karena ancaman penggusuran paksa keluarga Palestina dari beberapa bagian distrik Syekh Jarrah di Yerusalem Timur.

Ratusan warga Palestina dan lebih dari 20 petugas polisi Israel terluka dalam bentrokan selama tiga hari terakhir. Data ini bersumber dari petugas medis dan polisi Israel.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0873 seconds (0.1#10.140)