Waswas dengan Rudal Korut dan Iran, AS Anggarkan USD18 Miliar untuk Pencegat Rudal

Rabu, 28 April 2021 - 17:23 WIB
loading...
Waswas dengan Rudal Korut dan Iran, AS Anggarkan USD18 Miliar untuk Pencegat Rudal
AS siapkan dana USD18 miliar untuk teknologi pencegat rudal guna menangkal masuknya rudal nuklir Korut dan Iran. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) berencana untuk menghabiskan dana hampir USD18 miliar untuk mengembangkan, memproduksi dan mendukung teknologi pencegat baru untuk menghentikan masuknya rudal nuklir dari Korea Utara (Korut) atau Iran . Ini adalah pengadaan sistem alat pertahanan utama pertama dari pemerintah Presiden Joe Biden.

Tim yang dipimpin oleh Lockheed Martin dan Northrop Grumman di antara mereka akan menerima dana sebanyak USD13,1 miliar dalam fase pengembangan Next Generation Interceptor, menurut angka yang baru dirilis. Persaingan keduanya akan mencapai puncaknya dalam proses seleksi 'pemenang-ambil-semua' setelah tinjauan desain kritis - kemungkinan pada tahun 2026 - yang mengarah ke pembangunan sebanyak 31 pencegat baru, termasuk 10 untuk pengujian.

Pencegat rudal ini dirancang untuk menghantam dan menghancurkan rudal yang masuk dari musuh seperti Korut atau Iran. Pencegat-pencegat itu akan dipasang pada rudal yang berbasis di Alaska. Masing-masing dari 31 pencegat diperkirakan menelan biaya sekitar USD498 juta.



Fase produksi diperkirakan menelan biaya USD2,3 miliar, dengan biaya dukungan jangka panjang sebesar USD2,3 miliar lagi, menurut perkiraan yang disiapkan oleh unit penilaian biaya independen Pentagon.

"Kami fokus pada fase pengembangan teknologi saat ini," kata juru bicara Badan Pertahanan Rudal Mark Wright dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Rabu (28/4/2021).

Ia mengatakan badan tersebut bermaksud untuk mulai menerjunkan Next Generation Interceptor selambat-lambatnya tahun 2028.

Perkiraan biaya semacam itu dimaksudkan untuk memberi para pejabat sipil pemeriksaan yang sebenarnya tentang label harga sistem senjata utama. Mereka juga memberikan gambaran kepada analis dan investor di Lockheed Martin dan Northrop Grumman tentang ukuran dan cakupan pendapatan potensial dari program baru tersebut.



Pencegat rudal baru dimaksudkan untuk memperbaiki kesalahan program hulu ledak yang gagal di era pemerintahan Obama dan Trump sebelum dibatalkan pada Agustus 2019 setelah dana USD1,2 miliar dihabiskan untuk proyek yang dimaksudkan untuk penyebaran pada 2023.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)