Kurang Dana, Lebanon Jual Lima Jet Tempur dan Tiga Helikopter Bekas

Selasa, 30 Maret 2021 - 12:31 WIB
loading...
Kurang Dana, Lebanon Jual Lima Jet Tempur dan Tiga Helikopter Bekas
Jet tempur Hawker Hunter milik Lebanon. Foto/pinterest
A A A
BEIRUT - Lebanon menjual lima jet tempur Hawker Hunter dan tiga helikopter S-61 buatan Sikorsky karena kekurangan dana perawatan.

Kementerian Pertahanan Nasional Lebanon meminta pihak-pihak yang berminat membeli untuk menawar pesawat-pesawat bekas tersebut.

Sumber yang mengetahui proses penjualan itu mengatakan kepada Defense News bahwa tiga perusahaan telah menunjukkan minat pada jet Hawker Hunter, yakni perusahaan Inggris Hawker Hunter Aviation serta Airborne Tactical Advantage Company dan Lortie Aviation yang berbasis di Amerika Serikat (AS).



Hawker Hunters milik Angkatan Udara Lebanon tidak beroperasi sejak 2010. Negara ini menyimpan dua pesawat sejenis untuk disimpan di museum lokal.



SejumlahpPerusahaan cenderung membeli pesawat tua untuk direnovasi dan digunakan sebagai jet tempur musuh dalam pelatihan.

Lihat infografis: Awalnya Ditertawakan, Tembakan Rudal Korut Kini Mengancam

Komandan Angkatan Udara Lebanon Brigadir Jenderal Ziad Haikal mengatakan penjualan tersebut bagian upaya layanan merelokasi asetnya dan merestrukturisasi armadanya untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia.

“Pesawat Hawker Hunter dan helikopter Sikorsky telah nonoperasional selama bertahun-tahun, karena tidak adanya sumber keuangan untuk merawatnya. Pelelangan umum ini akan menjadi langkah awal untuk merestrukturisasi armada pelatihan dan kemampuan pemadam kebakaran,” ujar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)