Israel Bangun Lift Khusus Yahudi di Masjid Ibrahim Hebron

Sabtu, 06 Maret 2021 - 04:36 WIB
loading...
Israel Bangun Lift Khusus Yahudi di Masjid Ibrahim Hebron
Israel bangun lift khusus Yahudi di Masjid Ibrahim Hebron. Foto/Al Araby
A A A
HEBRON - Mahkamah Agung Israel telah menyetujui pembangunan lift di sebelah Masjid Ibrahim Hebron pada Kamis lalu. Nantinya, lift ini hanya boleh digunakan oleh pemukim Israel.

Direktur Komite Rehabilitasi Hebron, Imad Hamdan mengatakan, keputusan itu bertujuan untuk mengecualikan warisan Muslim di situs suci tersebut dan mencapnya sebagai "Yudaiisasi".

Dia mengatakan bahwa sementara Israel mengklaim bahwa tujuan lift adalah untuk membuat situs itu lebih mudah diakses, maksud sebenarnya adalah untuk mengambil alih sebanyak mungkin area di halaman masjid untuk digunakan para pemukim Israel seperti dikutip dari Al Araby, Sabtu (6/3/2021).



Mei lalu, mantan Menteri Pertahanan Israel Naftali Bennett, mengeluarkan perintah pengambilalihan sebagian Masjid Ibrahim sebagai bagian dari proyek pembangunan lift. Itu dimaksudkan untuk memfasilitasi akses pemukim Israel ke rumah ibadah umat Muslim tersebut.

Pemerintah kota Palestina di Hebron secara konsisten menuntut agar proyek tersebut dihentikan karena pembangunannya akan dilakukan di tanah yang mereka miliki bersama dengan Wakaf Islam Trust.

Masjid Ibrahim juga dikenal sebagai Makam Leluhur.



Perjanjian Sungai Wye tahun 1996 membagi masjid antara orang Yahudi dan Muslim. Pada tahun 1994, seorang pemukim Israel, Baruch Goldstein, membantai 29 jemaah Palestina di sana.

Hebron adalah lingkungan yang sangat tidak bersahabat bagi warga Palestina karena kehadiran sekitar 800 pemukim ultra-nasionalis di sana, banyak dari mereka bersenjata. Penduduk Palestina hidup di bawah ketakutan akan agresi Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0976 seconds (0.1#10.140)