Muslimah Pemenang Bake Off Brasil Promosikan Resep dan Keyakinannya

Rabu, 24 Februari 2021 - 11:28 WIB
loading...
Muslimah Pemenang Bake Off Brasil Promosikan Resep dan Keyakinannya
Samira Ghannoum bersama para peserta kompetisi Bake Off Brasil. Foto/Middle East Monitor
A A A
SAO PAULO - Wanita Muslim keturunan Lebanon - Brasil Samira Ghannoum pemenang seri pertama Bake Off Brasil pada 2015 kini menjadi sosok terkenal di penjuru negeri.

Samira Ghannoum memenangkan kompetisi itu selama 13 pekan yang disaksikan jutaan orang di 20 negara di penjuru Amerika Latin.

“Saya sangat senang menjadi wanita muslim pertama keturunan Arab yang memenangkan kompetisi ini,” ujar dia.

Muslimah Pemenang Bake Off Brasil Promosikan Resep dan Keyakinannya


Di babak final, dia hanya punya waktu dua jam untuk membuat kue pernikahan.



Program tersebut menarik jutaan pemirsa dan tampaknya membuat banyak orang belajar lebih banyak tentang Islam dan budaya Arab.

Lihat infografis: Indonesia Diprotes, Kedutaan-besarnya di Myanmar Didemo

Ghannoum tinggal di Sao Paulo bersama suami asal Lebanon dan lima putrinya. Dia membuat kue dan manisan Arab untuk keluarga, teman, dan komunitas setempat sebelum dibujuk untuk mengikuti kompetisi.



"Saya selalu suka membuat kembang gula," tutur dia.

"Saya sedang membuat kue dan permen untuk anak perempuan saya untuk merayakan ulang tahun mereka, dan ketika teman mereka melihat ini, mereka mulai meminta saya membuatkan sesuatu untuk mereka," ungkap dia.

Salah satu putrinya pada 2015 mendaftarkannya dalam kompetisi Bake Off Brasil.

Dia ingat itu adalah kompetisi yang sangat keras, tapi dia cukup bagus untuk lolos ke final.

"Samira pantas mendapatkan penghargaan tanpa keraguan. Dia adalah yang paling konstan, orang yang membuat kesalahan paling sedikit dan orang yang melakukan hal-hal paling enak. Dia dilahirkan dengan Karunia Tuhan dan dia benar-benar memiliki tangan seorang chef. Jelas bahwa dia melakukan segalanya dengan banyak cinta dan komitmen," ungkap presenter program, Ticiana Villas Boas, dan para juri mengatakan kepada UOL.

Memenangkan kompetisi bukanlah hal yang berumur pendek bagi Samira Ghannoum. Dia kini menjadi ikon bagi wanita Muslim lainnya di dunia memasak dan membuat kue Brasil.

"Saya tidak tahu bahwa partisipasi saya dalam program ini dapat mengubah kehidupan wanita lain. Saya telah melihat banyak gadis Muslim yang menonton saya di Bake off yang sekarang menjadi pembuat roti dan pembuat manisan," tutur dia.

Sebelum mengikuti program tersebut, Ghannoum menjelaskan kepada produser dan juri bahwa sebagai seorang muslim ada batasan bahan yang bisa dia gunakan.

Namun, pada akhirnya, satu resep membutuhkan alkohol. Dia menolak menggunakannya, bahkan jika itu berarti kalah.

"Itu akan bertentangan dengan semua yang saya coba untuk menjadi seorang Muslim. Saya tidak pernah menggunakan ramuan yang dilarang dalam Islam," tegas dia.

Ketika juri bertanya kepada chef Italia yang membuat resep tentang ini, dia menjawab, "Chef profesional tidak menggunakan alkohol dalam resep kue ini."

Sepanjang kompetisi, Ghannoum tidak mencicipi hidangan apa pun yang ditawarkan kepadanya. Begitu pesaing lain tahu tentang larangan kuliner itu, mereka semakin menghormatinya.

Bahkan ada kalanya mereka memperingatkannya untuk tidak mencicipi sesuatu karena mengandung wine.

Dia sangat berterima kasih atas rasa hormat yang ditunjukkan pada keyakinan dan budayanya dengan cara ini. "Rasa hormat ini mempersatukan kita, terlepas dari perbedaan agama kita," tutur dia sambil tersenyum.

Menurut Ghannoum, seorang wanita berhijab sudah menyebarkan Islam tanpa harus mengucapkan sepatah kata pun, karena itu membangkitkan rasa ingin tahu dan mendorong orang lain untuk menanyakannya.

“Saya sendiri yang mengalaminya, dan Islam mengajari kita untuk menghormati hukum dan menghormati tetangga kita, siapapun mereka. Sangat penting untuk menunjukkan bahwa Islam kita tidak menjadikan kita ‘alien’ seperti yang diyakini banyak orang. Setelah ini dijelaskan dan dipahami, rasa hormat dan kekaguman mengikuti,” ujar dia.

Ghannoum mengatakan memenangkan kompetisi tidak membuatnya lebih istimewa dari orang lain. Faktanya, itu menempatkan lebih banyak tanggung jawab di bahunya.

"Finalis lainnya tegang dan tidak bisa menyelesaikan resepnya. Saya bergegas membantunya. Dia menangis dan hadirin serta panitia evaluasi berterima kasih atas apa yang telah saya lakukan. Bagi saya, inilah yang dibimbing Islam saya untuk saya lakukan," tutur dia.

Samira Ghannoum adalah salah satu dari semakin banyak orang Lebanon Brasil yang sukses dalam profesi pilihan mereka serta aktif dalam komunitas lokal mereka di penjuru negeri.

Dia meraih mimpinya melalui kompetisi ini. Sebagai pemenang Bake Off Brasil, dia menerbitkan buku masak pertamanya dalam kemitraan dengan program tersebut.

Dia telah mengambil bagian dalam banyak acara untuk mempublikasikan bukunya dan identitas Islamnya di Brasil.

Saat ini dia memiliki pengaruh besar di media sosial yang merupakan platform untuk memperkenalkan Islam kepada sesama orang Brasil. Dia pun memiliki puluhan ribu follower.

"Mereka secara teratur mengirim banyak pertanyaan dan saya menjawab semuanya. Saya bukan lagi hanya pembuat roti dan manisan, tetapi simbol wanita Muslim di masyarakat Brasil," pungkas dia.

Hal itu sangat berarti baginya, dan bagi keluarga serta komunitas lokalnya. Dan memang seharusnya begitu.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)