Hacker Coba Racuni Pasokan Air Florida, FBI Turun Tangan

Selasa, 09 Februari 2021 - 18:29 WIB
loading...
Hacker Coba Racuni Pasokan Air Florida, FBI Turun Tangan
Hacker coba racuni pasokan air florida, FBI turun tangan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Peretas atau hacker berhasil memperoleh akses data ke sistem air di sebuah kota di Florida, Amerika Serikat (AS) dan mencoba memompa bahan kimia dalam jumlah yang berbahaya.

Peretas secara singkat meningkatkan jumlah natrium hidroksida (alkali) dalam sistem pengolahan air Oldsmar, Florida. Beruntung aksi itu digagalkan oleh seorang pekerja.

Sheriff County Pinellas Bob Gualtieri mengatakan pembobolan fasilitas air di Oldsmar, Florida meningkatkan kadar natrium hidroksida dalam sistem hampir seratus kali lipat terjadi pada akhir pekan lalu. Ia menyebut aksi pembobolan itu sebagai "gangguan yang mengerikan."



“Peretas mengubah natrium hidroksida dari sekitar 100 bagian per juta menjadi 11.100 bagian per juta. Ini jelas merupakan peningkatan yang signifikan dan berpotensi berbahaya," ungkap Gualtieri.

"Ini bukan hanya kecelakaan ketika Anda mengambilnya dari 100 bagian per juta menjadi 11.100 bagian per juta dengan zat kaustik. Ini berpotensi serius," ia menambahkan.

"Dia (peretas) adalah seseorang yang mencoba (melakukannya), kelihatannya di permukaan, melakukan sesuatu yang buruk. Itu tindakan yang buruk. Itu adalah aktor yang buruk," ujarnya seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (9/2/2021).



Natrium Hidroksida atau Alkali adalah bahan utama kaustik di banyak pembersih saluran air dan beracun untuk dikonsumsi dalam jumlah besar. Dalam jumlah kecil, bahan kimia itu juga digunakan untuk mengurangi keasaman dalam air minum.

Sheriff mengatakan seorang operator pabrik pertama kali memperhatikan bahwa seseorang mengakses sistem komputer fasilitas dari jarak jauh pada hari Jumat pagi, tetapi tidak membuatnya banyak, karena karyawan pabrik lain biasanya masuk dan keluar sistem untuk memecahkan masalah teknis. Namun, ketika jaringan diakses lagi pada sore hari, operator memperhatikan bahwa orang tersebut mengakses program melalui komputernya sendiri, termasuk fungsi yang mengontrol tingkat bahan kimia pengolahan di dalam air.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)