PBB Desak Israel Bantu Program Vaksinasi Covid-19 Palestina

Rabu, 27 Januari 2021 - 15:22 WIB
loading...
PBB Desak Israel Bantu Program Vaksinasi Covid-19 Palestina
Koordinator perdamaian baru PBB untuk Timur Tengah, Tor Wennesland meminta Israel untuk membantu Palestina mendapatkan vaksinasi Covid-19. Foto/REUTERS
A A A
RAMALLAH - Koordinator perdamaian baru PBB untuk Timur Tengah, Tor Wennesland meminta Israel untuk membantu Palestina mendapatkan vaksinasi Covid-19. Dia mengatakan, kerjasama dengan Israel cukup penting untuk memastikan suplai vaksin ke wilayah Palestina.

Wennesland, yang ditunjuk bulan lalu, memuji Israel karena bekerja dengan PBB selama pandemi untuk memastikan peralatan dan pasokan dikirim ke seluruh Tepi Barat, serta di Yerusalem Timur dan Gaza.

"Penting agar tingkat keterlibatan dan kerja sama yang sama dipertahankan sehubungan dengan pengiriman vaksin," ucapnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (27/1/2021).

Israel telah meluncurkan kampanye vaksinasi massal dan telah memberikan vaksin Covid-19 pertama kepada lebih dari 2,5 juta penduduk, atau lebih dari seperempat populasinya.

“PBB terus mendorong Israel untuk membantu memenuhi kebutuhan prioritas Palestina dan untuk mendukung ketersediaan vaksin COVID-19 secara lebih umum,” kata Wennesland.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki menuduh Israel tidak memberikan vaksinasi apa pun kepada rakyat Palestina. Namun, Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan mengatakan klaim seperti itu "salah dan aneh."

"Israel memimpin kampanye vaksinasi yang berhasil yang mencakup semua bagian masyarakat Israel," katanya.Erdan mengatakan bahwa Otoritas Palestina bertanggung jawab atas perawatan kesehatan penduduknya sendiri.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)