Iran Beri Lampu Hijau Penggunaan Vaksin COVID-19 Sputnik V

Rabu, 27 Januari 2021 - 00:50 WIB
loading...
Iran Beri Lampu Hijau Penggunaan Vaksin COVID-19 Sputnik V
Iran telah menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 Sputnik V buatan Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Iran telah menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 Sputnik V buatan Rusia dan berencana untuk mengimpor serta memproduksinya. Ini memberikan negara yang paling terpukul pandemi virus Corona di Timur Tengah itu alat untuk melawan penyebaran COVID-19 .

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif pada pertemuan dengan mitranya dari Rusia, Sergei Lavrov, di Moskow, Selasa.

"Vaksin Sputnik V kemarin juga terdaftar dan disetujui oleh otoritas kesehatan kami," kata Zarif.

"Dalam waktu dekat, kami berharap dapat membelinya, serta memulai produksi bersama," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (27/1/2021).



Awal bulan ini Pemimpin Spiritual Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, otoritas tertinggi Iran, melarang pemerintah mengimpor vaksin dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Menurut Khamenei, kedua negara itu mungkin berusaha menyebarkan infeksi ke negara lain.



Iran sendiri telah meluncurkan fase pertama dari uji klinis vaksin COVID-19 buatan dalam negeri, pada akhir Desember lalu.

"Vaksin pertama melawan virus Corona, yang dikembangkan oleh para peneliti Iran, telah diluncurkan dengan menyuntikkannya kepada tiga orang," kata stasiun televisi Iran

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)