Bukti Menunjukkan Varian Baru COVID-19 Inggris Lebih Mematikan

Sabtu, 23 Januari 2021 - 02:58 WIB
loading...
Bukti Menunjukkan Varian Baru COVID-19 Inggris Lebih Mematikan
Sejumlah bukti menunjukkan jika varian baru COVID-19 asal Inggris mematikan lebih banyak orang. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan bahwakemungkinan varian baru COVID-19 Inggris mempunyaitingkat kematian yang lebih tinggi. Ia mengutip analisis awal dari mutasi strain yang ditemukan pada akhir tahun lalu.

“Kami telah diberitahu hari ini bahwa selain menyebar lebih cepat, sekarang juga tampak bahwa ada beberapa bukti bahwa varian baru - varian yang pertama kali ditemukan di London dan tenggara (Inggris) - mungkin terkait dengan tingkat kematian yang lebih tinggi,” kata Johnson seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (23/1/2021).

Johnson mengatakan bahwa jumlah kematian diperkirakan akan terus meningkat untuk beberapa saat mendatang sebagai akibat dari lonjakan besar infeksi yang disebabkan oleh penyebaran varian baru selama periode perayaan festival.



"Pemerintah tidak dapat mempertimbangkan untuk mengakhiri penguncian Inggris saat ini sampai tingkat infeksi yang sangat tinggi di negara itu turun," ujar Johnson sembari menjelaskan bahwa hal ini bukan hanya masalah peluncuran vaksin.

Kepala Penasihat Ilmiah pemerintah Inggris, Patrick Vallance menerangkan, strain yang dimaksud adalah yang dikenal sebagai B117. Menurut data awal, varian ini lebih mudah menular antara 30 dan 70 persen daripada versi COVID-19 sebelumnya.

Vallance mengatakan menurut data rumah sakit tidak ada peningkatan kematian, tetapi bagi mereka yang dites positif COVID-19, ada "peningkatan risiko" kematian. Namun ia menekankan bahwa data tersebut masih belum pasti.



"Jika Anda membawa seseorang berusia 60-an, risiko rata-rata adalah bahwa untuk 1.000 orang yang terinfeksi, kira-kira 10 orang diperkirakan akan meninggal karena virus," kata Vallance.

“Dengan varian baru untuk 1.000 orang yang terinfeksi, sekitar 13 atau 14 orang diperkirakan akan meninggal, itulah jenis perubahan untuk kelompok usia semacam itu,” jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa semakin banyak bukti dari penelitian laboratorium bahwa varian Inggris akan rentan terhadap vaksin.



Sementara itu Kepala Petugas Medis Inggris Chris Whitty mengatakan bahwa puncak kematian mungkin terjadi di masa depan, memperingatkan bahwa situasinya sangat genting.

"Jika orang mengambil momen ini dan berkata 'benar itu saja, semuanya sudah berakhir' kami akan kembali ke masalah yang sangat dalam dengan sangat cepat dan NHS benar-benar berada di puncak dari apa yang dapat dikelola," ujarnya.

Sebelumnya pemerintah Inggris mengatakan tingkat reproduksi COVID-19 Inggris, yang dikenal sebagai angka R, telah turun dari di atas 1 menjadi antara 0,8 dan 1,0. Ini artinya, rata-rata, setiap 10 orang dengan virus menginfeksi antara 8 dan 10 orang lainnya.

40.261 kasus COVID-19 dilaporkan di Inggris pada hari Jumat, serta 1.401 kematian dalam 28 hari setelah tes positif, menjadikan jumlah total orang yang meninggal akibat virus tersebut menjadi hampir 96.000.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)