Para Pemimpin Dunia Ungkap Harapan Baru pada Presiden AS Joe Biden

Kamis, 21 Januari 2021 - 02:07 WIB
loading...
Para Pemimpin Dunia Ungkap Harapan Baru pada Presiden AS Joe Biden
Presiden AS Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris. Foto/sindonews/maspuq
A A A
WASHINGTON - Para pemimpin dunia segera mengungkapkan harapannya pada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang baru dilantik pada Rabu (20/1), menggantikan Donald Trump.

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengatakan di parlemen, “Saya berharap dapat bekerja dengannya (Biden), dan dengan pemerintahan barunya, memperkuat kemitraan antara negara kita dan mengerjakan prioritas bersama kita: dari menangani perubahan iklim, membangun kembali secara lebih baik dari pandemi dan memperkuat keamanan transatlantik kita.”

Baca juga: YouTube Perpanjang Masa Blokir Akun Trump

Presiden Komisi Eropa Ursula Von Der Leyen melalui tweet mengungkapkan, “Amerika Serikat sudah kembali. Dan Eropa siap. Untuk terhubung kembali dengan mitra lama dan terpercaya, untuk menghirup kehidupan baru ke dalam aliansi kita yang berharga. Saya berharap dapat bekerja sama dengan @JoeBiden. ”



Harapan serupa diungkapkan Presiden Jerman Frank Walter Steinmeier. “Hari ini adalah hari yang baik untuk demokrasi. Di Amerika Serikat, itu telah menghadapi tantangan yang luar biasa, dan bertahan,” ujar dia.



“Terlepas dari upaya merobek struktur kelembagaan Amerika, para pekerja pemilu dan gubernur, peradilan dan Kongres, telah terbukti kuat. Saya sangat lega bahwa, hari ini, Joe Biden dilantik sebagai presiden dan akan pindah ke Gedung Putih. Saya tahu banyak orang di Jerman berbagi perasaan ini," tutur dia.



PM Spanyol Pedro Sanchez menjelaskan, “Kemenangan (pemilu) Biden mewakili kemenangan demokrasi atas ultra-kanan dan tiga metodenya, penipuan besar-besaran, perpecahan nasional dan penyalahgunaan, bahkan kekerasan, lembaga-lembaga demokrasi. Lima tahun lalu, kami pikir Trump adalah lelucon yang buruk, tapi lima tahun kemudian kami menyadari bahwa dia membahayakan demokrasi paling kuat di dunia."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)