Bomber B-52 AS Manuver di Teluk setelah Iran Tembakkan Sejumlah Rudal

loading...
Bomber B-52 AS Manuver di Teluk setelah Iran Tembakkan Sejumlah Rudal
Pesawat pembom B-52 Stratofortress Amerika Serikat beroperasi di atas Teluk Persia, Minggu (17/1/2021). Foto/Senior Airman Aaron Larue Guerrisky/US Air Force
DOHA - Sepasang pesawat pembom (bomber) B-52 Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) telah melakukan manuver udara di atas Teluk Persia atau Teluk Arab. Aksi militer Amerika ini dilakukan setelah Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran menembakkan sejumlah rudal selama latihan militer akhir pekan lalu.

Militer AS pada hari Minggu mengumumkan bahwa sepasang bomber B-52 telah menyelesaikan patroli kehadiran di Timur Tengah, patroli kedua di wilayah tersebut pada tahun ini.

Baca juga: Rudal Jarak Jauh Iran Jatuh Dekat Kapal Induk AS di Samudra Hindia

Komando Pusat (CENTCOM) AS dalam pengumumannya mengatakan Misi Gugus Tugas Pembom adalah cara yang dapat diamati untuk menunjukkan komitmen berkelanjutan militer AS terhadap keamanan regional.



"Pengerahan aset strategis jangka pendek adalah bagian penting dari postur pertahanan kami di kawasan ini,” kata komandan CENTCOM, Jenderal Frank McKenzie, seperti dikutip Military Times, Senin (18/1/2021).

"Peluang pelatihan dan integrasi berkelanjutan dengan mitra regional meningkatkan kesiapan dan menyampaikan pesan yang jelas dan konsisten dalam lingkungan operasional kepada teman dan musuh potensial," lanjut dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, IRGC Iran telah menembakkan rudal jelajah pada hari Kamis sebagai bagian dari latihan Angkatan Laut di Teluk Oman. Rudal jelajah itu ditembakkan ketika kapal selam bertenaga nuklir AS melakukan pengintaian.



Baca juga: Ancaman Iran Semakin Menjadi-jadi, AS Batal Pulangkan Kapal Induk dari Teluk
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top