Suster Asal Meksiko Jadi Orang Amerika Latin Pertama yang Divaksin COVID-19

Jum'at, 25 Desember 2020 - 04:31 WIB
loading...
Suster Asal Meksiko Jadi Orang Amerika Latin Pertama yang Divaksin COVID-19
Maria Irene Ramirez jadi orang pertama di Amerika Latin yang menerima suntikan vaksin virus Corona. Foto/Reuters
A A A
MEXICO CITY - Meksiko telah memulai perang terhadap pandemi COVID-19 yang telah menewaskan 120.000 orang di negara itu dan mengguncang ekonomi.Meksikopada hari Kamis waktu setempat telah menginokulasi orang pertamanya untuk melawan COVID-19 bertepatan dengan perayaan Natal dan diikuti peluncuran serupa di tempat lain di Amerika Latin .

Berbeda dengan Inggris yang memberikan suntikan pertama kepada seorang nenek, atau Israel yang memberikannya kepada Perdana Menteri Bejamin Netanyahu, vaksin COVID-19 pertama di Meksiko diberikan kepada seorang perawat.

Dalam sebuah upacara yang disiarkan di media nasional dan disaksikan oleh presiden, para pejabat mengarahkan pemberian vaksin Pfizer kepada perawat berusia 59 tahun, Maria Irene Ramirez. Ramirez adalah kepala perawat di unit perawatan intensif rumah sakit Ruben Lenero di Mexico City.



"Ini adalah hadiah terbaik yang bisa saya terima pada tahun 2020," kata Ramirez, seraya menambahkan bahwa itu akan memberinya kekuatan untuk melanjutkan "perang" melawan pandemi seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/12/2020).

Ramirez pun menjadi orang pertama di Amerika Latin yang mendapatkan vaksin COVID-19 produksi Pfizer-BionTech.

Vaksin Pfizer adalah vaksin COVID-19 pertama yang mencapai Meksiko, yang juga telah menandatangani kesepakatan untuk vaksin dari perusahaan lain.(Baca juga: Dewan Fatwa UEA: Vaksin COVID-19 dengan Gelatin Babi Diizinkan untuk Muslim )

Chili menerima 10.000 dosis pertama dari 10 juta pesanan vaksin Pfizer-BioNtech pada hari Kamis, dengan inokulasi petugas kesehatan akan segera dimulai.

Di Kosta Rika, petugas kesehatan sedang bersiap untuk memberikan dosis pertama vaksin Pfizer kepada sepasang lansia di sebuah rumah dekat Ibu Kota San Jose, sementara sekitar 300.000 dosis vaksin Sputnik V Rusia tiba di Argentina.

Di Meksiko, pengiriman pertama Pfizer tiba pada hari Rabu lalu yang hanya berisi 3.000 dosis vaksin. Yang berikutnya akan berisi 50.000 dosis, di mana Meksiko dijadwalkan menerima 1,4 juta unit vaksin Pfizer suntikan kedua pada 31 Januari mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)