Mantan Presiden Swiss Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Kamis, 17 Desember 2020 - 09:43 WIB
loading...
Mantan Presiden Swiss Meninggal Dunia Akibat Covid-19
Mantan presiden Swiss Flavio Cotti, meninggal dunia pada usia 81 tahun akibat virus Corona. Foto/France24
A A A
BERN - Mantan presiden Swiss Flavio Cotti, yang juga menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Dalam Negeri negara itu, meninggal dunia pada usia 81 tahun. Cotti meninggal akibat virus Corona .

"Dengan sangat sedih saya mengetahui kematian Flavio Cotti," kata Menteri Luar Negeri Swiss Ignazio Cassis di Twitter.

"Semangat politiknya akan selalu hadir di kementerian luar negeri," tambahnya seperti dikutip dari France24, Kamis (17/12/2020).



Menurut harian regional di wilayah Ticino yang berbahasa Italia di Swiss, yang merupakan pihak pertama yang melaporkan kematian Cotti, ia meninggal pada Rabu sore di rumah sakit Locarno menyusul komplikasi akibat virus Corona.(Baca juga: Covid-19 Menggila, 4,3 Juta Orang di Dunia Terinfeksi dalam Seminggu )

Cotti, yang juga merupakan seorang pengacara, naik pangkat di Partai Demokrat Kristen di Ticino, sebelum menghabiskan 12 tahun di pemerintahan nasional di Bern, dari tahun 1987 hingga 1999.

Ia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dan Dalam Negeri, dan dua kali menjabat sebagai presiden, dalam sistem pemerintahan Swiss semua menteri pemerintah memegang kursi kepresidenan secara bergilir satu tahun.

Dia dikenal karena telah bekerja untuk mendekatkan Swiss ke organisasi internasional, dan melobi negaranya untuk bergabung dengan PBB, sesuatu yang akhirnya dilakukan tiga tahun setelah dia meninggalkan jabatannya.

Dia juga bekerja untuk Jenewa agar tetap menjadi tuan rumah markas PBB di Eropa, dan membantu memastikan bahwa Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), yang didirikan pada tahun 1995, berpusat di kota tersebut.(Baca juga: Terpapar Covid-19, PM Eswatini Meninggal Dunia )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)