AS Tetapkan Kelompok Ekstrimis Bahrain Organisasi Teroris

Rabu, 16 Desember 2020 - 08:18 WIB
loading...
AS Tetapkan Kelompok Ekstrimis Bahrain Organisasi Teroris
AS tetapkan kelompok Saraya al-Akhtar kelompok teroris. Foto/Al Arabiya
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menetapkan kelompok ekstrimis yang berbasis di Bahrain dan mendapat dukungan Iran sebagai organisasi teroris. Kebijakan itu merujuk pada ancamannya terhadap keamanan nasional dan kebijakan luar negeri AS.

"Kelompok Saraya al-Mukhtar sekarang dianggap sebagai Teroris Global yang Ditunjuk Khusus," menurut pernyataan Departemen Luar Negeri (Deplu) AS seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (16/12/2020).

Dalam pernyataannya, Deplu AS menyatakan, Saraya al-Mukhtar dilaporkan menerima dukungan keuangan dan logistik dari Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran dan mengatakan tujuannya adalah untuk menggulingkan pemerintah Bahrain agar Iran dapat memberikan pengaruh yang lebih besar di negara itu.



"Kelompok itu merencanakan serangan terhadap personel AS di Bahrain dan telah menawarkan hadiah uang tunai untuk pembunuhan pejabat Bahrain," kata Deplu AS.(Baca juga: Bahrain Buka Impor dari Permukiman Israel, Palestina Marah )

Penetapan tersebut dilakukan satu hari sebelum Hari Nasional Bahrain.

AS menjadi negara terbaru yang menetapkan Saraya al-Mukhtar sebagai organisasi teroris. Sebelumnya Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, dan Bahrain telah menetapkan kelompok tersebut sebagai organisasi teroris pada Juni 2017.(Baca juga: Disanksi AS karena Beli S-400 Rusia, Turki Dibela Iran )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)