AS Kembangkan Mesin Bertenaga Nuklir untuk Eksplorasi Planet Lain

Kamis, 10 Desember 2020 - 18:35 WIB
AS Kembangkan Mesin Bertenaga Nuklir untuk Eksplorasi Planet Lain
Menteri Energi AS, Dan Brouillette menuturkan, Washington sedang mengembangkan berbagai versi tenaga nuklir untuk digunakan di bulan dan pangkalan luar angkasa lainnya. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Menteri Energi Amerika Serikat (AS) , Dan Brouillette menuturkan, Washington sedang mengembangkan berbagai versi tenaga nuklir untuk digunakan di bulan dan pangkalan luar angkasa lainnya. Selain itu, ini juga akan digunakan untuk pesawat antariksa antar planet dan pesawat tak berawak jarak jauh.

Berbicara di acara Dewan Antariksa Nasional, Brouillette menuturkan, kementerian yang dia pimpin telah melakukan kerjasama dengan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) untuk mempercepat program ini.

"Kementerian Energi telah menjalin hubungan yang lebih erat dari sebelumnya dengan NASA untuk memberdayakan dan mempercepat program-programnya," kata Brouillette dalam pertemuan tersebut. ( Baca juga: Diancam Veto Trump, Senat AS Dukung Penjualan Senjata pada UEA )

"Kami akan terus mengembangkan tenaga fisi permukaan, teknologi penggerak nuklir termal dan kemampuan produksi bahan bakar nuklir canggih," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (10/12/2020).



Dia lalu menuturkan, Kementerian Energi AS juga "meningkatkan" produksi Uranium isotop-238 sehingga membersihkan kemacetan produksi dan memungkinkan tempo misi yang lebih cepat untuk meluncurkan misi antariksa yang lebih dalam, misi antar planet melalui Tata Surya hingga tahun 2020-an.

"Kami juga telah menyusun strategi luar angkasa baru selama 10 tahun ke depan untuk mendukung misi luar angkasa NASA dan badan pemerintah lainnya. Namun, itu belum dipublikasikan," tukasnya. ( Baca juga: Roket Tak Berawak SpaceX SN8 Meledak Saat Mendarat )
(esn)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2056 seconds (10.55#12.26)