Kim Jong-un Jadikan Wina Pusat Operasi Intelijen di Eropa

Rabu, 09 Desember 2020 - 09:08 WIB
loading...
Kim Jong-un Jadikan Wina Pusat Operasi Intelijen di Eropa
Pemimpin Korut Kim Jong-un jadikan Ibu Kota Austria pusat operasi intelijen di Eropa. Foto/Straits Times
A A A
WINA - Sebuah laporan intelijen dari Austria memperingatkan bahwa mata-mata Korea Utara (Korut) beroperasi dari jantung Uni Eropa . Ibu Kota Austria, Wina, dianggap sebagai pusat operasi intelijen Kim Jong-un di Eropa.

Pejabat intelijen Barat melaporkan pejabat tinggi Korut dan agen spionase telah melewati Austria untuk melakukan misi pengadaan ilegal dan operasi intelijen. Laporan intelijen tahunan dari Austria mengatakan aktor intelijen Korut beroperasi di Austria dan melawan kepentingan Austria.

Laporan tersebut mengatakan operasi ini dilakukan melalui jaringan bisnis lokal dan memungkinkan akses ke Uni Eropa dan organisasi multinasional.



Menurut laporan PBB, Kedutaan Besar Korut ibu kota Austria digunakan untuk kegiatan ilegal untuk menghasilkan pendapatan ilegal. Ini juga berlaku untuk kedutaan besar Korut di negara lain.

Wina juga dianggap sebagai pusat penyelundupan narkotika gelap dan operasi senjata Pyongyang.

Menurut analisis terpisah oleh Bloomberg, rezim Korut menggunakan Wina sebagai pintu gerbang ke Eropa untuk pakaian spionasenya.(Baca juga: Kim Jong-un Panik, Isolasi Satu Kota Cegah Penyebaran Covid-19 )

Pejabat intelijen Eropa dan Amerika Serikat (AS) memberi tahu mereka bahwa Korut telah menanam sepuluh agen keamanan negara di dalam UE.

"Seorang agen spionase tingkat tinggi beroperasi secara teratur di luar Wina," kata mereka seperti dikutip dari Express, Rabu (9/12/2020).

Salah satu pekerjaan utama agen-agen intelijen Korut ini adalah memantau staf diplomatik rezim tertutup itu sendiri di ibu kota Eropa. Mereka juga digunakan untuk melacak warga Korut yang mencoba melarikan diri dari cengkeraman rezim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)