Pangeran Arab Saudi yang Ditahan Dipindahkan ke Lokasi Rahasia

Kamis, 03 Desember 2020 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Otoritas Arab Saudi sejauh ini belum mengomentari kasus tersebut secara terbuka, dan tidak menanggapi permintaan AFP untuk mengomentari dugaan pemindahaan Pangeran Salman.

Salah satu sumber yang dekat dengan pangeran yang ditahan dan ayahnya juga mengatakan bahwa mereka telah dipindahkan ke lokasi rahasia.

"Tidak ada yang tahu ke mana mereka (aparat kerajaan) memindahkan mereka," kata sumber tersebut kepada AFP. "Kedua pria itu diizinkan melakukan panggilan telepon biasa ke keluarga mereka, tetapi tidak ada komunikasi sejak Sabtu. Mereka telah menghilang," imbuh sumber tersebut.

Pangeran Salman adalah salah satu dari banyak anggota keluarga kerajaan yang dipenjara sejak kebangkitan Putra Mahkota Mohammad, penguasa de facto kerajaan yang telah melancarkan tindakan keras terhadap para pembangkang, kritikus, dan rival politik.

Pada bulan Agustus, dua kelompok HAM—MENA Rights Group yang berbasis di Jenewa dan ALQST yang berbasis di London—mengajukan pengaduan kepada PBB atas penahanan mereka.

Sumber yang dekat dengan pangeran tersebut mengatakan Pangeran Salman dan ayahnya tidak pernah sekalipun diinterogasi sejak penahanan mereka. Hal itu menambah daftar kesewenang-wenangan atas penahanan mereka.

Para pengamat mengatakan apa yang mungkin membuat kesal pihak istana kerajaan adalah pertemuan Pangeran Salman dengan Anggota Kongres Partai Demokrat AS Adam Schiff tepat sebelum pemilu AS pada 2016.

Schiff adalah kritikus Presiden AS Donald Trump, pendukung setia Putra Mahkota Mohammad bin Salman.

Selama kampanye, Presiden terpilih AS Joe Biden mengancam akan mengubah Kerajaan Arab Saudi menjadi "paria".

Tapi Arab Saudi, yang menjadi tuan rumah KTT G20 bulan lalu dengan hampir tidak ada penyebutan masalah HAM dari para pemimpin negara terkaya di dunia, tampaknya tidak berminat untuk tunduk pada tekanan internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0877 seconds (0.1#10.140)