Jurnalis Watergate Beber 21 Senator Republik Menghina Presiden Trump

Selasa, 24 November 2020 - 09:05 WIB
loading...
Jurnalis Watergate Beber 21 Senator Republik Menghina Presiden Trump
Presiden Amerika Serikat Donald John Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Para Senator Partai Republik di Amerika Serikat (AS) diketahui mendukung Presiden Donald Trump di depan umum. Namun, jurnalis Watergate Carl Bernstein merilis daftar 21 Senator Partai Republik yang menghina dan meremehkan Presiden yang sejatinya adalah sekutu mereka.

Bernstein selama ini menjadi kritikus Trump yang konsisten dan keras. Dia kini mem-posting daftar 21 senator, yang menurutnya, secara pribadi berulang kali menyatakan penghinaan yang ekstrem kepada Presiden.

Bernstein mendasarkan pelaporannya pada percakapan dengan kolega dan staf Senator, pelobi Kongres, dan pembantu Gedung Putih. (Baca: Donald Trump Akhirnya Mulai Proses Transisi Kekuasaan AS ke Joe Biden )

Dua orang dalam daftar itu, Senator Utah Mitt Romney dan Senator Nebraska Ben Sasse, juga sering mengecam Trump di depan umum.

Beberapa lainnya, Senator Maine Susan Collins dan Senator Alaska Lisa Murkowski, kadang-kadang menyatakan ketidaksetujuannya tanpa menyimpang ke dalam kritik yang keras.

Sisanya mempertahankan dukungan publik mereka untuk Trump selama masa kepresidenannya.

Banyak dari Senator Republik menolak untuk mengakui Joe Biden dari Partai Demokrat sebagai presiden terpilih dalam pemilihan presiden (pilpres) 3 November, karena takut bertentangan dengan klaim tak berdasar Presiden Trump tentang penipuan yang meluas.

Menurut data jurnalis tersebut, ke-21 Senator yang secara pribadi menyatakan penghinaan mereka terhadap Trump adalah; Portman, Alexander, Sasse, Blunt, Collins, Murkowski, Cornyn, Thune, Romney, Braun, Young, Tim Scott, Rick Scott, Rubio, Grassley, Burr, Toomey, McSally, Moran, Roberts, Shelby. (Baca: Panik dengan Hasil Pilpres AS, Donald Trump Jr Serukan Perang Total )

Sejumlah senator yang masuk dalam daftar yang dirilis Bernstein menanggapi dengan berusaha keras untuk menegaskan kembali kesetiaan mereka kepada Trump.

“Sejak saya berdiri di samping Presiden Trump saat dia dilantik sebagai Presiden, dia dan saya memiliki hubungan yang baik,” kata Roy Blunt dari Missouri kepada The Washington Examiner, yang dilansir Selasa (24/11/2020).

“Ini benar-benar salah. Senator tidak pernah berbicara dengan Bernstein, dan kami tidak tahu dari mana dia mendapatkan informasi palsunya," kata seorang juru bicara Rob Portman dari Ohio.

Menurutnya, para Senator mendukung terpilihnya kembali Presiden Trump dan percaya bahwa kebijakannya lebih baik untuk Ohio dan seluruh negeri.

"Sumber Bernstein jelas tidak seperti dulu lagi," kata juru bicara Senator Iowa, Chuck Grassley, yang saat ini menjabat sebagai anggota Senat tertua.

“Ini tidak benar. Senator Grassley adalah pendukung kuat Presiden dan, pada saat yang sama, tidak merahasiakan bila tidak setuju dengan Presiden. Tidak ada perbedaan antara apa yang dia katakan di depan umum dan secara pribadi."

“Wartawan Washington mungkin bijaksana untuk mempertimbangkan kembali perdagangan dalam rumor pihak kedua dan ketiga yang tidak berdasar. Ini dapat memulihkan beberapa kredibilitas yang hilang," ujarnya. (Baca juga: Trump Pecat Bos Pentagon, Persiapan Kudeta Militer terhadap Biden? )

Juru bicara Todd Young dari Indiana mengatakan "rumor yang tidak bersumber" tidak pantas ditanggapi dan dia memiliki hubungan kerja yang baik dengan Presiden.

“Ini lebih banyak berita palsu dari seorang analis politik CNN, karena saya adalah salah satu pembela utama Presiden Trump selama pemakzulan dan sangat mendukung upaya hukumnya untuk memastikan bahwa setiap suara sah dihitung,” kata kolega Young dari Indiana, Mike Braun, kepada Mediaite. .

Postingan Bernstein muncul setelah penampilannya yang berapi-api di acara pagi CNN, "New Day". Dia pedas terhadap Trump, yang dia sebut sebagai "raja gila", membingkai upaya hukumnya untuk membatalkan hasil pemilu sebagai upaya untuk merusak demokrasi Amerika.

“Kami menyaksikan raja gila, di hari-hari terakhir pemerintahannya, bersedia menghanguskan bumi negaranya dan menghancurkan seluruh sistem. Untuk merusak demokrasi kita, mencabut legitimasinya, meracuni kepercayaan rakyat kita pada institusi kita dan Konstitusi, untuk tujuan Donald Trump yang pemarah, egois, dan fanatik," kata Bernstein.

“Kami memiliki Presiden Amerika Serikat, untuk pertama kalinya dalam sejarah kami, menyabotase negaranya. Di situlah kami berada. Dan akankah Partai Republik ini terus mengizinkannya untuk hari lain?," paparnya.

"Karena setiap hari, tampaknya semakin banyak yang tidak dapat ditangani oleh sistem kami—tidak dirancang untuk menangani—raja gila yang menyimpang seperti Donald Trump."

Pada saat itu dia membuka daftarnya, dan melanjutkan pada nama-nama yang disiarkan.

“Izinkan saya menyebutkan, katakanlah, 15 senator Republik atau lebih. Dan yang saya lakukan tidak melanggar prinsip jurnalistik, karena mereka telah memberi tahu saya apa yang akan saya katakan," katanya.

“Selama dua atau tiga tahun, saya telah berbicara dengan anggota staf Senator, anggota komite, staf personel, asisten, orang-orang yang telah bekerja untuk orang-orang ini. Mari kita lihat 15 senator Partai Republik yang benar-benar meremehkan dan bahkan membenci Donald Trump, atau pernah berkata demikian kepada satu sama lain," imbuh dia.

“Banyak, jika bukan sebagian besar dari orang-orang ini, dari apa yang saya diberitahu, senang melihat Donald Trump dikalahkan dalam pemilihan ini, selama Senat dapat dikendalikan oleh Partai Republik," katanya.

“Mereka pernah merasakan Donald Trump, dan ketidakjujurannya serta kebohongan patologisnya, dan mereka tahu apa yang telah dilakukan Donald Trump untuk merusak kepercayaan pada institusi kami. Mereka telah melewati pandemi sementara kelalaiannya membunuh bertanggung jawab atas kematian ratusan ribu orang Amerika. Mereka tahu apa yang sedang terjadi."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)