Pakar: Trump Akan Menang Pilpres AS, meski Kalah dalam Survei

Senin, 02 November 2020 - 11:14 WIB
loading...
A A A
"(Tapi) kampanye Biden harus lebih nyaman sekarang," kata Widmaier. (Baca: Biden Akui Trump Bisa Menang Pilpres AS dengan Strategi yang Dimainkannya )

Sebagian besar pakar melihat Wisconsin, Pennsylvania, Michigan, North Carolina, Florida, dan Arizona memainkan peran yang membentuk pemerintah Gedung Putih dalam pemilu.

Widmaier mengatakan Florida Panhandle, tempat banyak pemilih Obama mengabaikan Hillary Clinton pada tahun 2016 dan beralih ke Trump, bisa menjadi indikator awal siapa yang menang begitu hasil pemungutan suara di pantai timur Amerika mulai masuk.

"Jika kita dapat melihat pergerakan di Florida Panhandle kembali ke Biden, itu adalah informasi yang sangat besar," kata Widmaier.

Biden telah mengunjungi Pennsylvania lebih sering daripada negara bagian medan pertempuran lainnya siklus ini, dan Philadelphia tetap menjadi basis utama dukungan Demokrat di negara bagian itu.

Hari ini, Biden berkampanye di dua lokasi di Pennsylvania, sementara Trump yang tak kenal lelah terus membombardir 10 acara di Michigan, Iowa, North Carolina, Georgia dan Florida.

"Jajak pendapat hanya akan sebaik model yang mereka gunakan," kata Widmaier.

Menurutnya, gelombang pendaftaran pemilih baru, tingkat antusiasme yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan aturan pengiriman suara baru merupakan variabel yang dapat mengganggu keakuratan jajak pendapat.

Meghna Srinivas, seorang kandidat PhD di Monash University School of Social Sciences, mengatakan pemungutan suara di negara bagian medan pertempuran "sedikit" mendukung Biden.

"Jadi, meskipun Biden tampaknya akan menjadi yang teratas, Trump masih memiliki peluang di negara bagian itu," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)