Asia Jadi Regional Kedua dengan Jumlah Kasus Covid-19 Tembus 10 Juta

loading...
Asia Jadi Regional Kedua dengan Jumlah Kasus Covid-19 Tembus 10 Juta
Asia menjadi regional kedua di dunia dengan jumlah kasus Covid-19 tembus 10 juta. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Jumlah kasus Covid-19 di Asia telah melampaui angka 10 juta pada Sabtu (24/10/2020). Ini menjadikan Asia regional kedua di dunia, menurut penghitungan Reuters, karena jumlah kasus terus meningkat di India meskipun terjadi perlambatan dan penurunan tajam di tempat lain.

Hanya di belakang Amerika Latin, Asia menyumbang sekitar seperempat dari total kasus global yang mencapai 42,1 juta. Dengan lebih dari 163.000 kematian, wilayah tersebut menyumbang sekitar 14% dari jumlah korban Covid-19 secara global.

Penghitungan Reuters didasarkan pada pelaporan resmi oleh negara. Jumlah sebenarnya dari kasus dan kematian kemungkinan besar jauh lebih tinggi, kata para ahli, mengingat kekurangan dalam pengujian dan potensi pelaporan yang kurang di banyak negara.

Terlepas dari lonjakan di Asia, wilayah tersebut secara keseluruhan telah melaporkan peningkatan dalam penanganan pandemi dalam beberapa pekan terakhir, dengan beban kasus harian melambat di tempat-tempat seperti India - sangat kontras dengan kebangkitan angka Covid-19 yang terlihat di Eropa dan Amerika Utara.



Di kawasan itu, Asia Selatan yang dipimpin oleh India adalah yang paling parah terkena dampaknya, dengan hampir 21% kasus virus Corona global yang dilaporkan dan 12% kematian. Ini berbeda dengan negara-negara seperti China dan Selandia Baru yang telah menghancurkan infeksi dan Jepang, di mana Covid-19 telah mengakar tetapi tidak meningkat.(Baca juga: Pertama di Eropa Barat, Spanyol Catat 1 juta Kasus Virus Corona)

India adalah negara yang paling parah terkena dampak di dunia setelah Amerika Serikat, meskipun infeksi melambat di negara terpadat kedua di dunia itu. India melaporkan lebih dari 57.000 kasus virus per hari, dilihat rata-rata mingguan, dengan 58 kasus baru per 10.000 orang di negara dengan ekonomi terbesar ketiga di Asia, menurut analisis Reuters.

India rata-rata mengalami 764 kematian akibat Covid-19 per hari, yang terburuk di dunia dan terhitung satu dari setiap 13 kematian pandemi global.



Negara ini telah melaporkan hampir 7,8 juta infeksi, di belakang penghitungan Amerika Serikat (AS) sebesar 8,5 juta, dan hampir 118.000 kematian, dibandingkan 224.128 di AS. Tidak seperti lonjakan AS baru-baru ini, bagaimanapun, perlambatan India melihat beban kasus harian terendah dalam hampir tiga bulan pada hari Rabu.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top