Masalah Keamanan, Eli Lilly Hentikan Uji Coba Obat Antibodi Covid-19

Rabu, 14 Oktober 2020 - 16:44 WIB
loading...
Masalah Keamanan, Eli Lilly Hentikan Uji Coba Obat Antibodi Covid-19
Perusahaan farmasi asal AS, Eli Lilly mengumumkan bahwa mereka menghentikan uji coba tahap akhir dari pengobatan antibodi untuk melawan Covid-19, karena masalah keamanan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS) , Eli Lilly mengumumkan bahwa mereka menghentikan uji coba tahap akhir dari pengobatan antibodi untuk melawan Covid-19 . Eli Lilly mengutip masalah keamanan sebagai alasan penghentian uji coba tersebut.

"Lilly mendukung keputusan (dewan pemantau keamanan data independen untuk secara hati-hati memastikan keamanan pasien yang berpartisipasi dalam penelitian ini," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (14/10/2020).

Uji coba kontrol acak Fase 3 adalah studi terhadap pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit yang dimulai pada Agustus di lebih dari 50 lokasi di AS, Denmark, dan Singapura. Eli Lilly menargetkan bisa melakukan uji coba tersebut kepada 10 ribu relawan.

Pengobatan Covid-19 yang sedang dipelajari dalam uji coba yang dihentikan itu didasarkan pada antibodi efektif yang ditemukan Eli Lilly pada pasien yang pulih, yang kemudian diproduksi secara massal di laboratorium. ( )

Baik Eli Lilly dan Regeneron minggu lalu mengajukan permohonan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS atau FDA untuk otorisasi penggunaan darurat obat buatan mereka. Antibodi monoklonal sendiri adalah kelas obat yang relatif baru yang paling dikenal untuk mengobati beberapa jenis kanker dan penyakit autoimun.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)