Taliban Dukung Trump, Aktivis Iklim Greta Thunberg Jagokan Biden

Minggu, 11 Oktober 2020 - 09:25 WIB
loading...
Taliban Dukung Trump, Aktivis Iklim Greta Thunberg Jagokan Biden
Aktivis perubahan iklim Greta Thunberg mendukung Joe Biden dalam pemilu presiden AS. Foto/Express
A A A
STOCKHOLM - Remaja yang juga aktivis perubahan iklim Greta Thunberg menunjukkan dukungannya untuk calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden dalam pemilu presiden (pilpres) mendatang. Ia pun mendesak para pemilih yang peduli tentang lingkungan untuk membuat suara mereka didengar dalam pemilihan presiden AS.

Gadis asal Swedia berusia 17 tahun itu mengatakan dalam sebuah tweet bahwa dia tidak pernah terlibat dalam partai politik, tetapi bahwa pemilu AS yang akan datang beradadi atas segalanya.

“Dari perspektif iklim, ini sangat jauh dari kata cukup dan banyak dari Anda tentu saja mendukung kandidat lain. Tapi, maksudku… kamu tahu… sial! Bersiaplah dan minta semua orang untuk memilih #Biden," tulisnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (11/10/2020).

Thunberg, yang memicu gerakan aksi protes perubahan iklim global setelah melakukan pemogokan di luar parlemen Swedia pada 2018, dapat mendorong partisipasi di antara pemilih muda yang biasanya cenderung tidak memilih daripada orang Amerika yang lebih tua.

Setelah Thunberg dinobatkan sebagai Tokoh Terbaik Majalah Time pada tahun 2019, Presiden AS Donald Trump mengejek aktivis remaja tersebut. Dalam tweetnya, Trump mengatakan Thunberg perlu mengatasi masalah untuk mengelola emosinya, lalu pergi nonton film yang bagus bersama seorang teman.(Baca juga: Trump kepada Greta Thunberg: Setop jadi Aktivis! )

Trump juga dengan sinis mengomentari pidato Thunberg di KTT Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun lalu, di mana dia dengan marah mengecam para pemimpin dunia karena gagal menangani perubahan iklim dengan mengatakan: "Berani-beraninya Anda?".

Thunberg dan gerakan Fridays for Future dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian tahun ini, yang pada hari Jumat diberikan lalu kepada Program Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa .(Baca juga: Nobel Perdamaian untuk Greta Thunberg? Mungkin Saja )

Trump, seorang Republikan, telah berfokus pada pembongkaran agenda perubahan iklim mantan Presiden Barack Obama untuk membebaskan industri energi dan otomotif dari biaya peraturan yang dimaksudkan untuk melindungi kesehatan dan lingkungan, sementara Biden memiliki fokus pada infrastruktur hijau baru secara besar-besaran.

Diwartakan sebelumnya, jika Biden mendapat dukungan dari Thurnberg, maka Trump pun juga mendapat dukungan dari luar. Dukungan itu datang dari kelompok Taliban . Bukan tanpa sebab jika Taliban mendukung Trump. Kelompok militan asal Afghanistan itu berharap jika Trump terpilih kembali maka penarikan pasukan AS dari negara itu akan terwujud.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)