Jepang Ingin Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35 ke Pangkalan Tambahan

Senin, 05 Oktober 2020 - 13:06 WIB
loading...
Jepang Ingin Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35 ke Pangkalan Tambahan
Sebuah jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin dipajang di Patuxent River Naval Air Station di Maryland, Amerika Serikat, 28 Oktober 2015. Foto/REUTERS/Gary Cameron/File Photo
A A A
TOKYO - Kementerian Pertahanan Jepang sedang mempertimbangkan untuk mengerahkan pesawat tempur siluman mutakhir F-35A ke pangkalan Angkatan Udara Pasukan Bela Diri (ASDF) tambahan, selain pangkalan Misawa di Prefektur Aomori.

Kementerian meminta ÂĄ40,2 miliar dalam pengajuan anggarannya untuk tahun fiskal 2021 guna memperoleh empat F-35A pada tahun fiskal 2025.

"Ketika jumlah F-35 meningkat, jet tempur baru mungkin dikerahkan ke pangkalan selain Misawa yang saat ini mengoperasikan jet tempur," kata seorang pejabat kementerian tersebut seperti dikutip Japan Times, Senin (5/10/2020). (Baca: Jet Tempur Siluman F-35B AS Tabrakan dengan Pesawat Tanker di Udara )

"Karena kami perlu mendapatkan persetujuan dari komunitas lokal, kami belum memutuskan di mana akan menyebarkan mereka," lanjut pejabat yang berbicara dalam kondisi anonim tersebut.

Saat ini, pangkalan Misawa menampung 17 unit F-35A, dengan jumlah yang ditetapkan meningkat menjadi sekitar 20 unit pada musim semi berikutnya. Setelah operasi uji coba, mereka akan diberi misi seperti scramble responses.

Kementerian Pertahanan berencana untuk membeli total 147 unit F-35 dari Lockheed Martin Amerika Serikat (AS). Di masa depan, F-35 akan menggantikan F-15 yang tidak dapat dimodernisasi, termasuk yang ada di pangkalan Chitose di Hokkaido dan pangkalan Komatsu di Prefektur Ishikawa. (Baca: Takut Meledak Tersambar Petir, Jet Tempur Siluman F-35 Belanda Batal Kawal Bomber AS )

Model F-15 yang di-upgrade diharapkan akan terus dikerahkan ke pangkalan Naha di Prefektur Okinawa, yang sering menangani misi scramble terhadap pesawat China.

Dalam permintaan anggaran, kementerian itu juga meminta dana untuk membeli pesawat tempur F-35B, yang mampu lepas landas pendek dan pendaratan vertikal, seperti pada tahun fiskal 2020. F-35B akan dikerahkan paling cepat tahun fiskal 2024.

F-35B akan dibawa oleh kapal pembawa helikopter kelas Izumo dari Angkatan Laut Pasukan Bela Diri (MSDF) yang akan diubah menjadi kapal induk.

Kementerian berencana menggunakan F-35B untuk pertahanan pulau-pulau terpencil dan wilayah pesisir Pasifik, yang dicakup oleh wilayah udara yang luas. Pangkalan Nyutabaru ASDF di Prefektur Miyazaki dianggap sebagai kandidat kuat untuk menjadi tuan rumah F-35B, karena secara geografis dekat dengan pangkalan MSDF Kure di Prefektur Hiroshima, yang menampung Kaga, salah satu dari dua kapal induk kelas Izumo. (Baca juga: Israel Ketakutan Jika AS Benar-benar Jual Jet Tempur F-35 ke UEA )

Selain itu, permintaan anggaran termasuk ÂĄ23,1 miliar untuk meng-upgrade Kaga, termasuk pengecatan dek penerbangan yang tahan panas agar tahan terhadap panas knalpot mesin F-35B.

Kapal Izumo di pangkalan Yokosuka di Prefektur Kanagawa, yang juga akan diubah menjadi kapal induk, akan dimodifikasi secara bertahap.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)