AS: China Harus Bersanding dengan Kami Jika Ingin Dianggap Kekuatan Besar

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 17:26 WIB
loading...
AS: China Harus Bersanding dengan Kami Jika Ingin Dianggap Kekuatan Besar
Amerika Serikat (AS) mengatakan, jika China ingin dianggap sebagai kekuatan besar, maka mereka harus bersanding dengan AS dan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
MANILA - Amerika Serikat (AS) mengatakan, jika China ingin dianggap sebagai kekuatan besar, maka mereka harus bersanding dengan AS dan Rusia. Hal itu diungkap oleh Marshall Billingslea, Utusan Khusus Presiden untuk Pengendalian Senjata di Kementerian Luar Negeri AS.

Berbicara saat melakukan telekonferensi dengan jurnalis Asia Pasifik, Billingslea bagaimana cara membujuk China untuk mau terlibat dalam pembicaraan tiga arah dengan Rusia dalam hal kontrol senjata nuklir. Billingslea menuturkan, China harus duduk satu meja dengan AS dan Rusia jika ingin mendapatkan status kekuatan besar dan perjanjian itu akan sangat menguntungkann bagi Beijing.

"China ingin diberi status kekuatan besar, dan terus terang, cara apa yang lebih baik untuk dilihat sebagai kekuatan besar selain dilihat duduk berdampingan dengan AS, atau bahkan mungkin berdampingan dengan ASdan Rusia, mendiskusikan topik ini? China akan mendapat keuntungan besar dari diskusi semacam itu," ucapnya.

Billingslea menuturkan, AS belajar keras dengan Uni Soviet, setelah Krisis Rudal Kuba, bahwa kedua belah pihak harus melakukan hal-hal seperti membuat hotline, saluran telepon. ( )
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)