Iran Tolak Mentah-mentah Tuduhan Saudi Latih Sel Teroris

Selasa, 29 September 2020 - 18:00 WIB
loading...
Iran Tolak Mentah-mentah Tuduhan Saudi Latih Sel Teroris
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
TEHERAN - Iran menolak mentah-mentah tuduhan Arab Saudi bahwa mereka telah melatih sel teroris . Arab Saudi mengatakan bahwa mereka telah menangkap 10 orang awal bulan ini dan menyita senjata serta bahan peledak dari sel teroris yang telah menerima pelatihan dari tentara elit Iran Garda Revolusi.

"Tuduhan berulang dan tidak berharga dari penguasa Saudi bukanlah cara bagi Riyadh untuk mencapai tujuannya, dan rekomendasi kami adalah bahwa Arab Saudi memilih jalan kejujuran dan kebijaksanaan daripada skenario yang tidak berharga," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh seperti dilansir dari Reuters, Selasa (29/9/2020).

Diwartakan sebelumnya, presidensi Keamanan Negara setempat mengatakan dalam sebuah pernyataan di media pemerintah, Saudi Press Agency (SPA), bahwa tiga dari mereka yang ditangkap telah dilatih di Iran.

Pernyataan itu mengatakan senjata dan bahan peledak disita di dua lokasi, yakni sebuah rumah dan pertanian di Arab Saudi, negara pengekspor minyak terbesar dunia dan sekutu utama Amerika Serikat (AS).(Baca juga: Arab Saudi Lumpuhkan Sel Teroris yang Dilatih IRGC Iran )

Iran dan musuh regional utamanya, Arab Saudi, telah terlibat dalam perang proksi di seluruh Timur Tengah dari Suriah hingga Yaman.

AS dan Arab Saudi telah menyalahkan serangkaian serangan terhadap kepentingan minyak di Teluk sejak tahun lalu kepada Iran. Namun Teheran dengan tegas membantah tuduhan tersebut.(Baca juga: Para Pembangkang Arab Saudi Dirikan Partai Oposisi Melawan Raja Salman )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)