Alam Laut Labuan Bajo, Magnet Turis Mancanegara

Jum'at, 25 September 2020 - 15:39 WIB
loading...
Alam Laut Labuan Bajo, Magnet Turis Mancanegara
Alam Laut Labuan Bajo, Magnet Turis Mancanegara
A A A
Nama Labuan Bajo bagi pecinta wisata alam sudah tak asing. Di Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini terdapat pemandangan alam yang layak untuk dikunjungi. Labuan Bajo dikelilingi gugusan pulau-pulau, setiap pulau saat ini menjadi lokasi wisata yang sangat memukau. Salah satu yang paling moncer yang berada di Labuan Bajo adalah pulau yang dipenuhi habitat Komodo yang dilindungi negara. Orang pun lebih mengenal dengan Pulau Komodo.

Tak heran jika Labuan Bajo identik dengan Komodo. Namun, sebenarnya Labuan Bajo tak hanya ada Komodo, banyak sekali yang bisa didatangi saat berada di Labuan Bajo. #DiIndonesiaAja akan membawa Anda berpetualang di pulau-pulau yang dijamin tak akan pernah menyesal berwisata alam di Labuan Bajo. Berikut tujuh tempat yang wajib ada dalam daftar jalan-jalan Anda.

1. Pulau Komodo

Alam Laut Labuan Bajo, Magnet Turis Mancanegara


Pulau ini menjadi tujuan orang datang ke Labuan Bajo. Tak heran jika pulau ini paling terkenal dan kerap menjadi magnet bagi penyedia paket trip Labuan Bajo. Sesuai dengan namanya, pulau ini adalah habitat terbesar Varanus komodosiensis di Taman Nasional Pulau Komodo. Spot paling tepat untuk melihat pola keseharian komodo adalah bukit Ara (538 Mdpl).

Selain komodo, wisatawan juga bisa melihat satwa liar lain seperti rusa, banteng, dan kuda liar. Pulau Komodo juga menawarkan destinasi lain sebagai wisatanya, seperti padang rumput dan hutan sabana dengan luas mencapai 70 persen, juga wisata biota bawah laut seperti ikan hiu, ikan pari, ikan paus, hingga lumba-lumba.

2. Pulau Rinca

Alam Laut Labuan Bajo, Magnet Turis Mancanegara


Di Pulau Rinca ini juga menjadi salah satu habitat komodo selain Pulau Komodo. Namun sebenarnya di lokasi ini bukan hanya ada komodo banyak juga kehidupan hewan liar kecil lainnya. Pulau ini bisa di capai dengan perahu kecil dari Ibu Kota, Labuan Bajo. Menikmati tingkah laku Komodo tujuan utama mengunjungi Pulau Rinca.

Pulau Rinca ini komodo yang bisa dilihat berukuran kecil. Hal ini karena di Pulau Rinca lebih gersang, bersuhu panas, serta karena Pulau Rinca merupakan pulau berisi savana. Sehingga buruan komodo seperti rusa jarang ada di Pulau Rinca. Namun, di sini sebenarnya letak keindahan Pulau Rinca saat diabadikan dalam fotografi.

3. Pulau Padar

Alam Laut Labuan Bajo, Magnet Turis Mancanegara

Pulau ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain merupakan salah satu pulau taman nasional, Puncak Pulau Padar adalah sebuah titik yang paling dituju. Pasalnya puncak inilah yang digadang-gadang sebagai titik foto yang paling instagramable. Belum sah jika ke Labuan Bajo tak menyempatkan foto di Puncak Pulau Padar.

Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi pulau ini khususnya untuk mengambil latar pemandangan saat menjelang sang surya tergelincir sebelum ditelan malam. Berfoto saat sun set menjadi incaran pelancong yang datang ke Pulau Padar ini.

4. Pulau Kelor

Alam Laut Labuan Bajo, Magnet Turis Mancanegara


Dinamakan kelor karena bentuknya yang cenderung bulat dan kecil. Di pulau ini ada keindahan gunung, pantai, sekaligus pemandangan bawah lautnya. Selain itu di pulau ini terdapat pasir putih, dan bukit yang berubah menjadi sabana kering dengan warna cokelat membuat pulau ini sangat tepat untuk para pencari foto.

Tak hanya yang tampak di permukaan, pemandangan bawah laut wisata Pulau Kelor menyajikan banyak ikan warna-warni juga terumbu karangnya yang masih terjaga. Snorkeling dan diving akan menyenangkan karena perairan di sini sangat tenang. Jangan lupa untuk berjalan-jalan di sepanjang pesisir pantai pulau kecil ini agar mendapat banyak background foto yang indah.

5. Pulau Kambing

Alam Laut Labuan Bajo, Magnet Turis Mancanegara


Pulau Kambing ini berbeda dengan pulau-pulau lainnya yang sudah lebih dikenal. Pulau Kambing sebagai destinasi jalan-jalan masih relatif baru. Tak perlu khawatir jika ingin menuju Pulau Kambing saat berwisata ke Labuan Bajo, di Pulau Kambing ada keindahan alam bawah laut dan untuk aktivitas snorkeling dan diving karena air lautnya yang jernih.

Pulau Kambing memiliki luas yang kecil jika dibanding Pulau Komodo, yakni hanya terdiri dari wilayah pantai dan bukit pendek. Suasanya yang tenang bisa jadi pilihan tepat untuk beristirahat dari kejenuhan dan mencari ketenangan. Ada juga pemandangan langit sore oranye dengan ribuan kelelawar terbang meninggalkan sarang saat sore di pulau ini.

6. Pulau Kukusan

Alam Laut Labuan Bajo, Magnet Turis Mancanegara

Pulau ini menyuguhkan pemandangan indah berupa pantai pasir putih yang cocok untuk berenang. Pantai dengan karakteristik dangkal ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan spot foto air yang bagus. Ada juga bukit yang dipenuhi dengan beberapa fosil binatang laut purba.

Karena merupakan pulau dengan banyak penduduk lokal, ada banyak budaya unik yang dapat diselami. Selain itu, pantai di kukusan memiliki karakteristik butiran kasar, karena berasal dari karang yang hancur akibat abrasi. Jika mencari spot foto indah yang belum banyak diekplor, Anda bisa memilih destinasi wisata.

7. Pulau Kanawa

Alam Laut Labuan Bajo, Magnet Turis Mancanegara


Pulau Kanawa ini kerap menjadi tempat persinggahan wisatawan lokal maupun luar negeri. Memiliki keadaan yang masih asri, air laut yang sangat jernih juga satwa laut yang beraneka ragam membuat tempat ini sering menjadi destinasi favorit. Berjalan sore di pantai saat air laut yang surut, pemandangan kepiting dan bintang laut bisa dengan jelas terlihat.

Berada di Pulau Kanawa ini akan menikmati pula bukit batu yang gersang saat kemarau. Namun saat itu terdapat pemandangan perpaduan sempurna langit cerah dan lautan yang jernih. Inilah yang diidamkan pemburu pemandangan alam untuk mengabadikan keindangan dalam sebuah foto.

Pulau manapun yang akan anda kunjungi harus tetap memperhatikan protokol kesehatan ya. Menggunakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak untuk kenyamanan bagi setiap orang, dan tetap #DiIndonesiaAja dalam mencari destinasi wisata.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)