Hamas Sangkal Tuduhan Terkait Kelompok Sayap Kanan AS Boogaloo Bois

Senin, 07 September 2020 - 22:02 WIB
loading...
Hamas Sangkal Tuduhan Terkait Kelompok Sayap Kanan AS Boogaloo Bois
(Kiri) Demonstran bersenjata di Austin, Texas, AS. (Kanan) Juru bicara Hamas di Jalur Gaza. Foto/REUTERS
A A A
JALUR GAZA - Kelompok Hamas Palestina menyangkal tuduhan terkait gerakan ekstrem kanan-jauh Boogaloo Bois di Amerika Serikat (AS) Boogaloo Bois.

Media AS dan Israel melaporkan dua anggota Boogaloo Bois ditahan oleh otoritas AS dan didakwa berkonspirasi mendukung Hamas.

Media melaporkan bahwa Departemen Kehakiman AS menuduh Michael Robert Solomon, 30, dan Benjamin Ryan Teeter, 22, memberikan dukungan material pada organisasi teroris asing.

“Kami kecam upaya pemerintah AS mengaitkan Hamas pada anggota kelompok ini,” ungkap pernyataan Hamas menanggapi tuduhan tersebut.

“Ini upaya putus asa untuk menyudutkan gerakan (Hamas) atas permintaan Israel atau pemimpin ekstremisnya,” tegas Hamas.

Hamas juga menambahkan, “Gerakan pembebasan nasional rakyat Palestina berjuang hanya untuk melawan pendudukan Israel di Palestina dan tidak mencampuri masalah internal negara mana pun di penjuru dunia.”

Boogaloo Bois adalah kelompok kanan-jauh AS yang memusuhi berbagai lembaga publik AS dan pemerintah AS. Tuduhan menyebut gerakan itu menyiapkan Perang Sipil Amerika kedua yang mereka sebut “boogaloo”. (Baca Juga: Proyek Jet Tempur KF-X/IF-X Korsel, Indonesia Nunggak Rp6,2 Triliun)

Anggota kelompok ini tampak membawa senjata saat unjuk rasa di Minneapolis setelah kematian George Floyd yang dicekik dengan lutut polisi kulit putih AS saat penangkapannya. (Baca Infografis: Badai Haishen terjang Jepang, Curah Hujan Sangat Tinggi)

Kematian Floyd memicu unjuk rasa nasional menentang rasisme dan kekerasan rasial terhadap warga kulit hitam di Negeri Paman Sam. (Lihat Video: Setelah Daftar di KPU, Calon Bupati Kabupaten Halmahera Meninggal Dunia Saat Orasi)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)