alexametrics

Virus Corona Kian Ganas, AS akan Evakuasi Warganya dari Wuhan

loading...
Virus Corona Kian Ganas, AS akan Evakuasi Warganya dari Wuhan
Media asal Amerika Serikat, Wall Street Journal melaporkan, saat ini Washington tengah bersiap untuk mengevakuasi warganya yang berada di kota Wuhan, China. Foto/Reuters
A+ A-
WASHINGTON - Media asal Amerika Serikat (AS), Wall Street Journal melaporkan, saat ini Washington tengah bersiap untuk mengevakuasi warganya yang berada di kota Wuhan, China. Wuhan adalah sumber dari virus 2019-nCoV, yang saat ini tengah menjangkiti hampir 2.000 orang di seluruh dunia.

"Pihak berwenang AS akan mengatur penerbangan charter untuk mengevakuasi warganya dari kota China Wuhan," bunyi laporan Wall Street Journal, mengutip seorang pejabat yang memiliki hubungan dengan operasi tersebut, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (26/1/2020).

Sumber tersebut, menurut laporan Wall Street Journal, ada sekitar 1.000 warga AS di Wuhan, dan staf konsuler AS di sana sedang berusaha untuk menghubungi mereka untuk memulai proses evakuasi.



Wall Street Journal, menurut keterangan sumber itu, melaporkan bahwa Washington berencana untuk mengirim pesawat Boeing 767 ke China, yang dirancang untuk menampung sekitar 230 orang, untuk mengevakuasi staf konsuler AS dan keluarga mereka.

"AS telah menerima izin dari Kementerian Luar Negeri China dan otoritas pemerintah terkait lainnya. Personel medis akan berada di atas pesawat untuk memantau penumpang, sumber tersebut menyatakan," ungkapnya.

"Jika pihak berwenang AS gagal dalam upaya mereka untuk menerbangkan warga keluar dari Wuhan, Washington juga menjajaki kemungkinan mengatur perjalanan bus bagi warga AS dari Wuhan ke kota Cina lainnya, seperti Shanghai. AS juga akan sementara waktu menutup konsulat Wuhannya di tengah wabah virus corona," tukasnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak