Jepang Usul Pembentukan NATO Asia, Ini Respons AS

Kamis, 19 September 2024 - 08:55 WIB
loading...
Jepang Usul Pembentukan...
Kapal induk USS Ronald Reagan saat beroperasi di Semenanjung Korea. Jepang usul pembentukan NATO versi Asia, namun ditolak AS. Foto/Sky News
A A A
WASHINGTON - Jepang telah mengusulkan pembentukan aliansi militer bergaya NATO di Asia. Namun, Amerika Serikat (AS) menyatakan gagasan seperti itu masih terlalu dini.

Usul dari Jepang disampaikan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba, kandidat utama untuk menggantikan Perdana Menteri Fumio Kishida.

Ishiba menyerukan pembentukan "NATO versi Asia” dengan menyatukan berbagai pengaturan keamanannya di kawasan tersebut menjadi pakta pertahanan formal.

“Setidaknya kita harus memperdalam diskusi kita tentang topik ini,” katanya.



Namun, Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink menolak halus usulan Ishiba saat berbicara di sebuah konferensi di Washington DC.

“Masih terlalu dini untuk berbicara tentang keamanan kolektif dalam konteks itu, dan [pembentukan] lembaga yang lebih formal,” kata Kritenbrink, seperti dikutip dari surat kabar Nikkei, Kamis (19/9/2024).

“Yang menjadi fokus kami adalah berinvestasi dalam arsitektur formal yang ada di kawasan itu dan terus membangun jaringan hubungan formal dan informal ini. Dan kemudian kita akan melihat ke mana arahnya," paparnya.

"NATO Asia bukanlah yang kami cari di kawasan itu,” kata seorang pejabat AS lainnya yang tidak disebutkan namanya kepada Nikkei.

Sementara pejabat itu mengatakan bahwa AS ingin menghindari pembentukan “aliansi bergaya blok militer” di kawasan Asia-Pasifik, Washington telah menghabiskan waktu puluhan tahun membangun jaringan kemitraan dan perjanjian multilateral di kawasan yang oleh para pesaingnya—khususnya China—dianggap sebagai langkah menuju pembentukan “NATO Asia” secara de facto.

Pakta AUKUS antara Australia, Inggris, dan AS, serta Dialog Keamanan Quadrilateral antara Australia, India, Jepang, dan AS, keduanya dikecam oleh Tiongkok sebagai upaya Washington untuk "memprovokasi konfrontasi" di kawasan tersebut.

Peningkatan kerja sama NATO dengan Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru juga telah dikecam oleh Beijing, di mana juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian menyerukan kepada para pemimpin blok tersebut pada bulan Juli untuk "berhenti menciptakan ketegangan, menyebarkan mentalitas Perang Dingin, dan memprovokasi konfrontasi blok di Asia-Pasifik."

Rusia, China, dan Korea Utara semuanya mengkritik perjanjian pertahanan yang dipertahankan AS dengan Korea Selatan dan Jepang.

Latihan gabungan antara militer AS, Korea Selatan, dan Jepang telah meningkat dalam skala dan frekuensi. "Dan memiliki nada anti-Rusia dan anti-China," kata Georgy Zinoviev, kepala Departemen Asia Pertama Kementerian Luar Negeri Rusia.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)