Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Siap Perang Panjang Melawan Israel di Gaza

Selasa, 17 September 2024 - 11:20 WIB
loading...
Pemimpin Hamas Yahya...
Pemimpin Hamas Yahya Sinwar menyatakan kelompoknya siap perang panjang melawan Israel di Gaza. Foto/AP Photo/Leo Correa
A A A
GAZA - Pemimpin Hamas Yahya Sinwar mengatakan kelompoknya siap untuk perang panjang melawan Israel di Jalur Gaza.

Menurutnya, Hamas memiliki sumber daya untuk mempertahankan perjuangannya—dengan dukungan dari sekutu regional pro-Iran—hampir setahun dalam perang Gaza.

Sinwar, yang bulan lalu menggantikan pemimpin Hamas yang terbunuh Ismail Haniyeh, mengatakan dalam sebuah surat kepada sekutu kelompok Houthi di Yaman: "Kami telah mempersiapkan diri untuk berperang dalam perang yang melelahkan."



Pertempuran mematikan berkecamuk di Jalur Gaza yang terkepung, di mana petugas medis dan penyelamat mengatakan pada hari Senin bahwa serangan Israel—yang belum dikomentari oleh militer Zionis— menewaskan sedikitnya dua lusin orang.

Serangan terbaru terjadi saat Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant memperingatkan bahwa prospek penghentian pertempuran dengan militan Hizbullah di Lebanon semakin meredup, yang sekali lagi menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya konflik regional yang lebih luas.

Gallant minggu lalu mengatakan Hamas, yang serangannya pada 7 Oktober 2023 memicu perang besar, "tidak lagi ada" sebagai formasi militer di Gaza.

Sinwar, dalam suratnya kepada Houthi Yaman, mengatakan bahwa kelompok-kelompok yang berpihak pada Iran di Gaza dan di tempat lain di wilayah Timur Tengah akan mematahkan kemauan politik musuh setelah lebih dari 11 bulan perang.

"Upaya gabungan kami dengan Anda dan dengan kelompok-kelompok di Lebanon dan Irak akan mematahkan musuh ini dan mengalahkannya," kata Sinwar, seperti dikutip AFP, Selasa (17/9/2024).

Setelah berbulan-bulan upaya mediasi menuju kesepakatan gencatan senjata Gaza yang sulit dipahami, Amerika Serikat (AS) bekerja dengan cepat pada proposal baru untuk menjembatani kesenjangan yang tersisa antara Israel dan Hamas, kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller.

Miller mengatakan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan membahas upaya gencatan senjata dengan pejabat Mesir dalam kunjungan ke sana minggu ini.

Dia mengatakan bahwa tuntutan Israel untuk mempertahankan pasukan di perbatasan Gaza-Mesir dan rincian tentang pembebasan sandera tetap menjadi poin utama yang diperdebatkan.

"Blinken akan membahas upaya yang sedang berlangsung untuk mencapai gencatan senjata di Gaza yang menjamin pembebasan semua sandera, meringankan penderitaan rakyat Palestina, dan membantu membangun keamanan regional yang lebih luas," kata Miller dalam sebuah pernyataan.

Serangan 7 Oktober 2023 di Israel selatan mengakibatkan kematian 1.205 orang, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Militan Hamas juga menyandera 251 orang, 97 di antaranya masih ditahan di Gaza, termasuk 33 orang yang menurut militer Israel telah tewas.

Sedangkan serangan militer Israel telah menewaskan 41.226 orang di Gaza, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kepada AFP pada hari Senin bahwa "tidak ada yang membenarkan" hukuman kolektif terhadap rakyat Palestina.

"Kami semua mengutuk serangan teror yang dilakukan Hamas, serta penyanderaan, yang merupakan pelanggaran mutlak terhadap hukum humaniter internasional," katanya.

"Namun kenyataannya tidak ada yang membenarkan hukuman kolektif terhadap rakyat Palestina, dan itulah yang kami saksikan secara dramatis di Gaza."

Di Gaza tengah pada hari Senin, para penyintas menyisir puing-puing setelah serangan udara di kamp pengungsi Nuseirat.

Sepuluh orang tewas dan 15 lainnya luka-luka ketika serangan udara menghantam rumah keluarga Al-Qassas di Nuseirat, kata seorang petugas medis di Rumah Sakit Al-Awda, tempat jenazah-jenazah tersebut dibawa.

"Rumah saya diserang saat kami sedang tidur tanpa peringatan sebelumnya," kata penyintas Rashed al-Qassas.

Pertahanan sipil Gaza mengatakan enam warga Palestina tewas dalam serangan di Kota Gaza, dan layanan darurat kemudian melaporkan enam kematian lagi di wilayah tengah dan utara.

Perang Gaza telah menarik sekutu Hamas yang didukung Iran di seluruh Timur Tengah, termasuk Hizbullah di Lebanon dan Houthi di Yaman, yang serangan maritimnya telah mengganggu kapal-kapal pengiriman global melalui jalur air vital di lepas pantai Yaman.

Pada hari Minggu, Houthi mengeklaim serangan rudal langka di Israel tengah yang tidak menimbulkan korban, mendorong Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk memperingatkan bahwa mereka akan membayar "harga yang mahal untuk setiap upaya untuk menyakiti Israel".

Dalam pidato yang disiarkan televisi, pemimpin Houthi Abdul Malik al-Huthi mengatakan: "Operasi kami akan terus berlanjut selama agresi dan pengepungan di Gaza terus berlanjut."
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)