China Bantah Ingin Ganti Pemimpin Hong Kong

Rabu, 23 Oktober 2019 - 16:04 WIB
China Bantah Ingin Ganti Pemimpin Hong Kong
China Bantah Ingin Ganti Pemimpin Hong Kong
A A A
BEIJING - China angkat bicara mengenai kabar bahwa Beijing ingin mengganti Pemimpin Hong Kong Carrie Lam dengan kepala eksekutif sementara. China mengatakan, bahwa itu hanyalah rumor belaka.

"Laporan bahwa akan ada penggantian kepala eksekutif Hong Kong Carrie Lam adalah rumor politik dengan motif tersembunyi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying seperti dilansir Reuters pada Rabu (23/10/2019).

Media asal Inggris, Financial Times, yang mengutip sumber di pemerintahan China, bahwa pemerintahan Lam akan segera berakhir setelah beberapa bulan unjuk rasa tanpa akhir.

"Para pejabat di China ingin situasi stabil sebelum keputusan akhir dapat dibuat tentang perubahan kepemimpinan, karena mereka tidak ingin dianggap tunduk pada kekerasan," ungkap sumber itu.

"Jika Presiden China Xi Jinping memutuskan terus melanjutkan rencana itu, pengganti Lam akan dipilih pada Maret dan melanjutkan masa jabatan Lam yang berakhir pada 2022," sambungnya.

Lam sendiri diketahui selama ini menjadi sasaran kemarahan pengunjuk rasa saat China berupaya memperketat cengkeraman dan membatasi kebebasan publik di Hong Kong.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5893 seconds (0.1#10.140)