alexametrics

Daftar Pemimpin Dunia yang Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi

loading...
Daftar Pemimpin Dunia yang Hadiri Pelantikan Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertemu Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Daurussalam di Istana Merdeka, Jakarta (20/10/2019). Pertemuan ini menjelang pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia untuk periode kedua.
A+ A-
JAKARTA - Hari ini, Minggu (20/10/2019), Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2019-2024. Sederet pemimpin dunia berdatangan di gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI di Jakarta untuk menghadiri pelantikan pemimpin Indonesia.

Jokowi-Ma'ruf Amin dilantik setelah dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden dan wakil presiden dalam pemilu serentak beberapa bulan lalu. Pasangan itu mengalahkan pasangan rivalnya; Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Bagi Jokowi, pelantikannya sebagai presiden merupakan yang kedua kalinya sekaligus yang terakhir, karena konstitusi Indonesia hanya membolehkan seseorang menjabat presiden selama dua periode. Mantan Wali Kota Surakarta yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan kepemimpinannya selama lima tahun ke depan, setelah lima tahun sebelumnya dia memimpin negara bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.



SINDOnews.com merinci beberapa pemimpin dunia yang hadir dalam pelantikan Presiden Joko Widodo. Berikut daftarnya;

1. Australia: Perdana Menteri Scott Morrison
2. Malaysia: Perdana Menteri Mahathir Mohamad
3. Singapura: Perdana Menteri Lee Hsien Loong
4. Brunei Darussalam: Sultan Hassanal Bolkiah
5. Kamboja: Perdana Menteri Hun Sen
6. eSwatini: Raja Mswati III
7. Amerika Serikat: Menteri Transportasi Elaine L. Chao (mewakili Presiden Donald John Trump).
8. China: Wakil Presiden Wang Qishan
9. Vietnam: Wakil Presiden Nguyen Luong Bang
10. Thailand: Wakil Perdana Menteri Prawit Wongsuwan
11. Filipina: Menteri Luar Negeri Teodoro Locsin Jr (mewakili Presiden Rodrigo Duterte)
12. Jepang: Wakil Menteri Luar Negeri Nakayama Norihiro (mewakili Perdana Menteri Shinzo Abe)

Menjelang pelantikan, keamanan telah diperketat, di mana lebih dari 30.000 personel keamanan gabungan dikerahkan di Jakarta.

Dalam beberapa minggu terakhir, lebih dari 36 tersangka teroris, termasuk dua mantan polisi wanita, telah ditangkap karena merencanakan pemboman bunuh diri dan merakit alat peledak.

Sebelum terbang ke Indonesia, PM Australia Scott Morrison telah memperkenalkan undang-undang yang memberlakukan kesepakatan perdagangan Indonesia-Australia ke parlemen.

"Ketika saya melihat Presiden Widodo besok (hari ini), saya dapat meyakinkan dia bahwa kami benar-benar berada di jalur yang benar dan saya akan percaya hal yang sama terjadi di sana," kata PM Morrison sebelum berangkat ke Indonesia.

"Saya berharap untuk memberi selamat kepada Presiden Widodo atas kemenangannya dalam pemilihan (presiden) dan membangun persahabatan yang kuat dan kemitraan yang mendalam antara kedua negara kita," ujarnya, seperti dikutip news.com.au.
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak